Gol Ke-100 Ribery

id Gol Ke 100 Ribery, Bayern Munich, bayern Munchen, Jerman, Liga Jerman, Berlin, Sepakbola

Gol Ke-100 Ribery

Franck Ribery dan Mario Gomez. (Dokumentasi Pribadi).

Itu tidak akan mudah, namun ini adalah awal yang bagus."
Berlin (Antara/AFP/ANTARA Lampung) - Bayern Munich meneruskan laju tanpa belas kasih mereka menuju gelar Jerman ke-25 ketika gol ke-100 Franck Ribery bagi sang pemuncak klasemen Liga Jerman itu mengamankan kemenangan 1-0 atas Bayer Leverkusen pada Sabtu.

Pasukan Pep Guardiola masih unggul tujuh angka atas rival terdekatnya Wolfsburg setelah mengalahkan Leverkusen, yang tetap menjadi tim terakhir yang mampu mengalahkan Bayern di Allianz Arena, terhitung pada Oktober 2012.

Tim tamu sempat mengancam pada menit keempat ketika Juan Bernat harus menyapu bola dari garis gawang, setelah Karim Bellarabi berupaya memaksimalkan kesalahan langka.

Namun Bayern mampu unggul ketika pemain sayap Ribery melepaskan sepakan voli dari sudut pada menit ke-51 untuk mengukir gol kompetitif ke-100nya untuk klub di semua kompetisi pada penampilan ke-186nya di liga - penampilan terbanyak untuk pemain Prancis di Liga Jerman.

Ini jauh dari penampilan terbaik Bayern, yang hanya mampu melepaskan dua tembakan pada babak pertama, ketika mereka menuju periode lima pertandingan yang padat dalam rentang waktu 14 hari, termasuk pertandingan terakhir fase grup Liga Champions pada Rabu saat mereka berhadapan dengan CSKA Moscow.

"Penting bagi tim untuk mendapatkan kemenangan, khususnya sebelum pertandingan kandang kami di Liga Champions dan tiga pertandingan Liga Jerman dalam rentang waktu yang singkat," kata Ribery.

"Itu tidak akan mudah, namun ini adalah awal yang bagus."

Sementara itu, Leverkusen beruntung dapat menyelesaikan pertandingan dengan 11 pemain setelah Bellarabi melakukan pelanggaran keras terhadap Sebastian Rode pada fase akhir pertandingan, namun ia hanya mendapatkan kartu kuning.

Pasukan Roger Schmidt turun ke peringkat keempat di klasemen menjelang pertandingan Liga Champions pada Selasa di kandang Benfica.

Pada pertandingan sebelumnya, tim peringkat kedua Wolfsbug bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-1 di markas rival Lower Saxonynya Hanover 96, untuk secara singkat memangkas keunggulan Bayern menjadi empat angka.

Bagaimanapun, pelatih Wolfsburg Dieter Hecking bersikap kesal saat ditanyai apakah timnnya sedang menjalani peran sebagai 'pemburu Bayern.'

"Kami bukan 'pemburu Bayern.' Saya tidak perlu mengulanginya setiap pekan, ya kan," ucapnya, sambil menolak label yang diberikan oleh media Jerman kepada klub yang mendapat sokongan dari pabrik Volkswagen itu.

"Bayern merupakan tim superior dan mereka akan perlu bermain dengan tujuh pemain setiap pekan, agar kami mendapat peluang untuk mengejar mereka."

Pemain Belgia Kevin de Bruyne membawa Wolfsburg memimpin pada menit keempat pada pertandingan "derby" itu, sebelum pemain Spanyol Joselu menyamakan kedudukan untuk Hanover dengan tandukan kepala, namun dua pemain pengganti Wolfsburg di babak kedua mencetak gol untuk mengamankan kemenangan timnya.

Penyerang Belanda Bas Dost menanduk bola untuk menjadi gol pertamanya musim ini, hanya dua menit setelah ia masuk menggantikan Ivica Olic, dan penyerang Jerman U-21 Maximilian Arnold mengunci tiga angka ketika ia mencetak gol pada menit ke-85.
    
                          Schalke hancurkan Stuttgart
Sementara itu, Schalke yang dilatih Roberto Di Matteo melakukan pemanasan bagi pertandingan Liga Champions yang harus dimenangi pada Rabu di markas klub Slovenia Maribor, dengan mendulang kemenangan 4-0 atas VfB Stuttgart ketika penyerang Kamerun Eric Choupo-Moting mencatatkan trigol dalam rentang waktu satu jam.

Hasil itu membawa Schalke naik ke peringkat keempat di klasemen, sedangkan Stuttgart yang diasuh Huub Stevens turun ke dasar klasemen akibat selisih gol.

Schalke harus menang di Maribor dan berharap Sporting Lisbon kalah di markas Chelsea pada Rabu untuk bergabung dengan Bayern, Borussia Dortmund, dan Leverkusen pada putaran 16 besar Liga Champions.

Setelah memulai masa kerja keduanya di Stuttgart pada bulan lalu setelah menggantikan Armin Veh dengan kemenangan 4-1 atas Freiburg, hasil ini memperlihatkan kepada pelatih asal Belanda Stevens bahwa ia harus bekerja keras untuk dapat mempertahankan VfB tidak terdegradasi. Mereka hanya mengoleksi tiga kemenangan dari 14 pertandingan pertamanya.

Tim peringkat kelima Borussia Moenchengladbach mengakhiri rentetan tiga kekalahannya dengan meraih kemenangan 3-2 atas Hertha Berlin, yang turun ke posisi ke-15.

Augsburg naik peringkat ketiga Liga Jerman untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka melalui kemenangan 2-1 di Cologne, sedangkan Freiburg bertahan di atas zona degradasi berkat hasil imbang 1-1 di kandang Paderborn.

Pada Jumat, Borussia Dortmund meraih kemenangan 1-0 atas Hoffenheim untuk mendaki meninggalkan dasar klaseen dan meloloskan diri dari tiga posisi terbawah untuk menduduki peringkat ke-13.  

Gelandang Jerman Ilkay Gundogan mencetak gol semata wayang Dortmund pada babak pertama dan kemenangan ini, kemenangan keempat mereka musim ini, menawarkan sedikit kelegaan kepada runner up musim lalu itu meski mereka kalah delapan kali dari 13 pertandingan liga pertamanya.

Penerjemah: A.R.A Adipati/A. Rachma.