Parade Budaya dan Karnaval Puncaki Festival Krakatau

id parade budaya,festival krakatau, 2014,

Parade Budaya dan Karnaval Puncaki Festival Krakatau

Sejumlah peserta mengenakan pakaian kreasi budaya Lampung pada karnaval budaya, ((Foto ANTARA/Kristian Ali))

Keragaman budaya Indonesia akan tampak terlihat pada saat ditampilkannya rombongan parade budaya yang ada di pelosok Nusantara,"
Bandarlampung, (ANTARA LAMPUNG) - Provinsi Lampung akan menggelar Parade Budaya dan Karnaval Kain Tapis sebagai puncak kegiatan dari Festival Krakatau 2014, Minggu 31 Agustus.
         
"Keragaman budaya Indonesia akan tampak terlihat pada saat ditampilkannya rombongan parade budaya yang ada di pelosok Nusantara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung Herlina Warganegara di Bandarlampung, Sabtu.
         
Ia mengatakan bahwa dengan menggunakan pakaian adat yang ditampilkan oleh setiap kontingen parade, mereka akan melakukan performa dari budaya yang berkembang di daerahnya masing masing.
         
Menurutnya, parade itu menjadi daya tarik bagi masyarakat pengunjung karena tim kebudayaan dari Provinsi Papua dan Yogyakarta, turut mengirimkan utusan untuk menyemarakkan kegiatan itu.
         
Sedangkan untuk Lampung yang menyuguhkan karnaval kain tapis, lanjutnya, panitia akan menghadirkan desainer muda Lampung (Zhea) beserta hasil karya rancangannya.
         
"Macam-macam hasil karya budaya juga akan ditampilkan seperti pusaka Lampung berupa pakaian kulit kayu beserta punggawa yang mengawal Gubernur M Ridho Ficardo pada acara tersebut," katanya.
         
Herlina mengatakan bahwa Lampung Karnaval Tapis ini merupakan sebuah uapaya pemerintah dalam menggeliatkan produksi dan penggunaan produk kerajinan budaya Lampung, baik pada para perajin maupun masyarakat sebagai konsumen.
         
Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Aprilani Yustin Ficardo, dirinya ingin mengembangkan kain tapis tidak hanya digunakan oleh kalangan menengah ke atas.
         
"Saya mengharapkan kain tapis dan produk kerajinan seni budaya Lampung lainnya dapat dijangkau oleh semua kalangan," katanya.
         
Ia juga ingin mendorong upaya kerjasama antarperajin di Lampung dengan daerah lainnya yang memproduksi bahan baku kain tapis. Sehingga ketergantungan terhadap bahan baku impor pastinya akan menekan harga produksi perajin dalam membuat karya karyanya.
         
"Selain itu, Dekranasda juga akan mendorong perajin untuk membuat produk yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas dan membantu dalam pemasarannya," ungkap isteri Gubernur Lampung yang juga sebagai Ketua Dekranasda Provinsi itu.
         
Ribuan warga diperkirakan akan memadati ruas jalan yang akan dilalui iring-iringan parade budaya ini. Selain dari tiap peserta parade, 1.000 pegiat foto akan ambil bagian pada puncak acara Festival Krakatau itu.        

Para pegiat budaya dan komunitas foto akan dimanjakan pada titik titik pengambilan gambar dan juga dalam mengekspresikan kemampuannya.
         
Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo, dijadwalkan ikut terlibat aktif pada parade budaya dengan turut berjalan kaki bersama peserta parade untuk menyapa dan dekat dengan warga.