Inilah Empat Target Sukses Pertanian Pemkab Lampung Timur

id Inilah Empat Target Sukses Pertanian Pemkab Lampung Timur, Padi, Petani, Bajak, Sawah, Afdal Faisal, Afdhal Faisal, Kominfo, Lamtim, Sukadana, Bajak,

Inilah Empat Target Sukses Pertanian Pemkab Lampung Timur

Dua petani di Provinsi Lampung sedang menanam padi di lahan mereka seiring tercukupinya kebutuhan air. (ANTARA FOTO Dok/Gatot Arifianto).

Keempat target itu, yakni swasembada dan berswasembada berkelanjutan, peningkatan diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah daya saing dan ekspor serta peningkatan kesejahteraan petani."
Sukadana, Lampung Timur (ANTARA LAMPUNG) - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berkomitmen dalam pencapaian empat target sukses di bidang pertanian sehingga berhasil untuk menyediakan bahan pangan dan bahan baku industri.

"Keempat target itu, yakni swasembada dan berswasembada berkelanjutan, peningkatan diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah daya saing dan ekspor serta peningkatan kesejahteraan petani," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Timur Muhamad Mastur, di Sukadana, Lampung Timur, Jumat (27/6).

Ia menyebutkan, pencapaian empat target dalam kesuksesan berswasembada pangan berkelanjutan itu telah dilakukan oleh Pemkab Lampung Timur secara bertahap melalui penguatan modal kelompok maupun gabungan kelompok, pemanfaatan lahan pekarangan sampai pemberian bantuan kepada para petani itu sendiri.

Sektor pertanian, lanjutnya, mempunyai peranan strtegis terutama sebagai penyedia pangan serta memberikan kontribusi dalam penyediaan bahan baku industri, bio-energi, pelestarian lingkungan hingga penyerapan tenaga kerja yang berdampak pada pendapatan rakyat.

Ia meminta insan pertanian Kaupaten Lampung Timur tidak hanya terfokus pada ketersediaan bahan baku dan konsumsi perorangan, akan tetapi petani harus berorientasi pada produksi, kemandirian dan kedaulatan pangan untuk mencapai berswasembada pangan yang berkelanjutan.

"Relevansi teknologi selama ini masih perlu di optimalkan lagi, banyak riset yang belum diimplementasikan oleh petani atau industri sebagai penggunanya," ujarnya.

Karena itu, Pemkab Lampung Timur mengajak insan pertanian agar tidak terlena dengan masih cukupnya stok bahan baku, dengan menciptakan petani mandiri yang orientasinya tertuju pada produksi dan kemandirian serta kedaulatan pangan.

Menurutnya, Pemkab Lampung Timur telah berhasil mewujudkan pembangunan di sektor pertanian dilihat dari capaian hasil kerja para petani dalam menyediakan bahan baku maupun industri.

"Saya melihat, bahwa pembangunan di sektor pertanian telah tercapai. Tentunya, keberhasilan ini adalah bukti nyata dari kerjasama yang efektif antara Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dengan para petani dan para pelaku yang aktif di bidang pertanian yang ada di daerah ini," katanya pula.

Di sisi lain menurut Mastur, Hari Krida Pertanian ke-42 yang diperingati di Sekampung Lampung Timur pada Kamis (26/6) dapat memberikan semangat dan motivasi bagi insan pertanian Lampung Timur dalam mengembangkan ketahanan pangan nasional.

Mastur juga mengimbau kepada para petugas lapangan agar dapat bersinergisitas, saling bahu membahu dengan para petani dalam mengaplikasikan semangat kegotong-royongan yang telah tumbuh demi mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dalam membangun pertanian dan peternakan di Kabupaten Lampung Timur.

Hari Krida Pertanian ke-42 di Kabupaten Lampung Timur dengan mengusung tema Peningkatan Inovasi Petani dan Pelaku Usaha Dalam Produksi Serta Pemanfaatan Lahan Secara Optimal untuk Mencapai Berswasembada Pangan yang Berkelanjutan.