Bantu penuhi kebutuhan masyarakat, Polda Lampung gelar gerakan pangan murah

id Lampung,Bandarlampung,Kapolda Lampung,Bazar GPM

Bantu penuhi kebutuhan masyarakat, Polda Lampung gelar gerakan pangan murah

Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menggelar gerakan pagan murah (GPM). Mapolda Lampung, Kamis, (7/3/2024). (ANTARA/HO-Polda Lampung)

Jika di temukan penimbunan dan penjualan bahan pokok tersebut di atas HET, tim Satgas Pangan akan bergerak berupaya mengungkap dan menindak dengan tegas
Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menggelar gerakan pagan murah (GPM) guna membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga di bawah pasaran menjelang Ramadhan.

"Ini adalah perintah saya langsung untuk membantu untuk mendapatkan sejumlah kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula dan lainnya. Kegiatan ini dilakukan di masing-masing wilayah termasuk Polda Lampung," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut Kapolda, kegiatan yang dilaksanakan maupun digelar secara tentatif waktunya di jajaran Polda Lampung sebagai upaya pemulihan ekonomi dan menekan laju inflasi yang berada di provinsi ini secara menyeluruh.

"Kepolisian berupaya membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat jelang Ramadhan tahun ini. Kemudian kegiatan ini juga membuktikan bahwa peran Polri dalam mendukung pemulihan dan percepatan ekonomi secara nasional, di samping menjaga ketertiban masyarakat," kata dia.

Pada sisi lain, Helmy pun menegaskan bahwa akan menindak tegas bila ada warga ataupun siapa pun yang melakukan penimbunan kebutuhan bahan pokok.

"Jika ditemukan penimbunan dan penjualan bahan pokok tersebut di atas harga eceran tertinggi (HET), tim Satgas Pangan akan bergerak berupaya mengungkap dan menindak dengan tegas," kata Kapolda.

Menurut Helmy, langkah yang diambil ini juga karena Polri memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan lingkungan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif untuk mengembangkan sektor ekonomi.

"Kemudian, saya juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik membeli makanan serta kebutuhan pokoknya secara wajar atau tidak berlebihan karena stok yang tersedia hingga saat ini masih mencukupi," kata dia.

Salah satu warga yang hadir dalam GPM di Polda Lampung, Atika (38) mengatakan kegiatan yang digelar tersebut sangat membantu keluarganya menyambut Bulan Suci Ramadan di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok.

"Datang dari tadi pagi, untuk bisa dapat beras, gula, minyak bahan-bahan pokok. Di kegiatan ini harga kebutuhan bahan pokok sangat terjangkau dan sangat membantu masyarakat menengah seperti kami ini," kata dia.

Baca juga: Polda Lampung komitmen jaga ketersediaan bahan pokok selama Ramadhan

Baca juga: Kapolda Lampung jamin keamanan pleno KPU tingkat provinsi

Baca juga: Kapolda Lampung minta segera salurkan bansos ke warga terdampak banjir