Ketua DPRD Mingrum Gumay kawal nasib guru P3K di Provinsi Lampung

id lampung, dprd lampung, ketua dprd lampung, mingrum gumay

Ketua DPRD Mingrum Gumay kawal nasib guru P3K di Provinsi Lampung

Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay kawal nasib guru P3K di Provinsi Lampung. ANTARA/HO-DPRD Provinsi Lampung

Ya saya terima kasih, ini sifatnya program bukan janji, hari ini adalah wujud kepastian dan keseriusan lembaga DPRD menindaklanjuti...

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay penuhi janji perwakilan ribuan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun penerimaan 2023 untuk menghadirkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait menindaklanjuti keluhan yang sebelumnya pernah disampaikan minggu lalu, Selasa (16/1).

Mingrum Gumay menyebutkan bahwa nasib tenaga pendidik ini merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah, untuk itu hari ini saya berterima kasih kepada OPD yang sudah menghadiri dan memenuhi undangan yang diberikan.

“Ya saya terima kasih, ini sifatnya program bukan janji, hari ini adalah wujud kepastian dan keseriusan lembaga DPRD menindaklanjuti apa yang disampaikan sebelumnya, jadi kita diskusi dan kita cari solusinya,“ ujar Mingrum Gumay dalam rilis diterima di Bandarlampung, Rabu.

Ia juga menilai bahwa apa yang didengar terkait gaji yang diterima guru sangatlah tidak layak, ini harus juga menjadi kajian, bagaimana mungkin mereka akan fokus membangun dan meningkatkan peradaban bagi generasi penerus apabila permasalahan dan kepastian mereka pun belum ada titik terang dan solusi atas permasalahan itu.

“Kita ingin tenaga pendidik kesejahteraannya dievaluasi, tadi juga saya dengar kalau PPPK atau guru yang statusnya PNS masuk ke salah satu sekolah, jam mengajar guru status honorer akan dikurangi, yang setiap hari mengajar saja belum tentu penuhi kebutuhan mereka apalagi jika dikurangi jam mengajarnya,“ ujarnya pula.

Ia juga berjanji akan mengirimkan surat kepada lembaga terkait untuk memberitahukan dan meminta persoalan yang disampaikan di gedung DPRD ini agar ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

“Saya minta komisi terkait koordinasi intensif dan membuat kajian terkait hal ini, jika semua unsurnya sudah cukup, saya akan menyurati lembaga terkait untuk ditindaklanjuti, jangan lama-lama agar kepastian ini kita bisa berikan kepada tenaga pendidik yang hadir siang ini,“ katanya lagi.

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Tommy Efra Handarta menjelaskan dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya terkait penerimaan tenaga pendidik melalui PPPK, pihaknya pernah bersurat kepada kementerian untuk ditindaklanjuti menjadi prioritas dan itu berhasil.

“Ya bila memungkinkan kita akan menggunakan cara yang sama, kita juga memohon agar Ketua DPRD melapisi surat sebagai penguatan apa yang menjadi harapan bagi peserta yang hadir saat ini,“ ujarnya lagi.

Sementara, Koordinator PPPK Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih atas tindak lanjut dan keseriusan yang dilakukan Ketua DPRD Lampung dalam memberikan ruang diskusi hari ini.

“Sebagaimana yang Bapak sebutkan sebelumnya akan menindaklanjuti itu secepat-cepatnya, alhamdulillah hari ini kami diundang kembali bersama dinas terkait, sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan kami sangat menunggu tindak lanjut ke depan sebagaimana yang tadi kami sampaikan,“ katanya pula.
Baca juga: Pemprov Lampung-DPRD selesaikan guru P3K masuk formasi 2022
Baca juga: Ketua DPRD Lampung terima kunjungan P3K guru tahun 2023