DPR dukung evakuasi WNI dari Palestina

id Komisi I DPR,DPR RI,Israel-Palestina,Kementerian Luar Negeri RI,Christina Aryani

DPR dukung evakuasi WNI dari Palestina

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani. ANTARA/HO-Humas DPR RI/am.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mendukung penuh upaya Kementerian Luar Negeri RI yang tengah merencanakan evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Palestina untuk dipulangkan ke Tanah Air.

Termasuk, lanjut dia, larangan bagi WNI untuk bepergian ke Palestina maupun Israel.

"Situasi perang sangat memprihatinkan kita semua. Harus dihentikan atas nama kemanusiaan, dan kami mendukung penuh upaya Kemlu untuk memulangkan WNI ke Tanah Air," kata Christina dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Christina mengaku prihatin dengan memanas-nya situasi perang antara Israel dan Palestina yang menyebabkan banyak jatuhnya korban jiwa maupun luka-luka.

Dia juga berharap agar rencana kontingensi evakuasi WNI dari Palestina maupun Israel berjalan lancar sesuai dengan rencana.

"WNI kita imbau agar aktif membangun komunikasi dengan KBRI Amman, KBRI Kairo dan KBRI Beirut untuk mendapatkan update informasi situasi di sana," ujarnya.

Kementerian Luar Negeri Indonesia terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo dan Beirut untuk memonitor situasi di Palestina serta menyiapkan rencana evakuasi bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Untuk lokasi yang masih memungkinkan pergerakan yang relatif aman, seperti beberapa titik di Israel, diminta para WNI untuk segera meninggalkan wilayah tersebut, termasuk bagi para WNI wisatawan," ujar Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha melalui pesan singkat, Selasa.

Berdasarkan data terbaru diketahui terdapat 45 WNI di Palestina, di mana 10 WNI berada di Gaza dan lainnya di Tepi Barat.