Ditlantas Polda Lampung gelar sayembara berhadiah minyak goreng untuk pengendara motor

id ditlantas polda lampung, sayembara, migor, operasi keselamatan krakatau

Ditlantas Polda Lampung gelar sayembara berhadiah minyak goreng untuk pengendara motor

Pengendara mendapatkan hadiah minyak goreng (ANTARA/HO)

Seluruh hadiah dibagikan gratis kepada pengendara yang taat dan patuh peraturan lalu lintas. Ini sekaligus upaya kami dalam membantu kebutuhan masyarakat, serta menekan laju penularan COVID-19, ujarnya
Bandarlampung (ANTARA) - Ditlantas Polda Lampung menggelar sayembara berhadiah minyak goreng untuk pengendara sepeda motor yang tertib berlalu lintas termasuk kelengkapan surat kendaraan dan protokol kesehatan.

"Kegiatan ini dalam rangka Operasi  Keselamatan Krakatau Tahun 2022," kata Wadirlantas Polda Lampung, AKBP M Ali, di Tugu Adipura  Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, selain minyak goreng satu liter, hadiah lainnya berupa  satu paket masker dan hand sanitizer.

Ia menyebutkan Operasi  Keselamatan Krakatau Tahun 2022 sebagai upaya Ditlantas Polda Lampung dan jajaran untuk mewujudkan budaya tertib berlalu lintas di Lampung.

Menurutnya, beberapa titik sayembara digelar secara acak, dan beberapa polres jajaran juga melaksanakan kegiatan yang sama.

"Seperti di Tugu Adipura, Tugu Raden Inten, Tugu Pengantin dan beberapa traffic light di Bandarlampung," ujarnya.

M Ali menjelaskan kegiatan ini akan berlangsung setiap hari sejak 1 Maret hingga 14 Maret 2022.

Pihaknya menyiapkan sebanyak 50 paket berisi 1 liter minyak goreng, satu paket masker, dan hand sanitizer.

"Seluruh hadiah dibagikan gratis kepada pengendara yang taat dan patuh peraturan lalu lintas. Ini sekaligus upaya kami dalam membantu kebutuhan masyarakat, serta menekan laju penularan COVID-19,” ujarnya.

M Ali menambahkan paket hadiah itu berasal dari Ditlantas Polda Lampung dan juga dana CSR dari perusahaan yang ada di daerah ini.

Saat ditanya berapa banyak pelanggaran lalu lintas selama Operasi Keselamatan Krakatau 2022, M Ali menjelaskan selama sepekan ini pelanggaran lalu lintas menurun bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Berdasarkan data telah kami catat dalam sepekan ini, memang ada beberapa pengendara melanggar, tapi untuk jumlahnya masih terbilang menurun dibandingkan tahun lalu," terangnya.

Ia menjelaskan pada kegiatan ini kepolisian akan mengesampingkan sanksi berupa tindakan tilang. 

Namun pihaknya juga tak segan memberikan sanksi tilang apabila pengendara kedapatan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas, seperti menerobos traffic light (lampu merah).

Di sisi lain,  pihaknya juga telah membentuk Satgas Preemtif untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Mulai dari tertib berlalu lintas, pentingnya menggunakan helm dan sabuk pengaman, serta tidak mengangkut barang melebihi batas maksimal.

Sementara itu, Ita pengendara sepeda motor mengaku senang mendapatkan hadiah paket minyak goreng sayembara Ditlantas Polda Lampung.

"Saya senang Mas mendapatkan minyak goreng karena kan saat ini harganya lumayan mahal dan mendapatkannya harus antre," jelasnya.

Ia juga mengaku tertib berlalu lintas seperti mengenakan helm standar, kelengkapan kendaraan dan juga surat-surat.

"Tertib berlalu lintas ini sangat untuk menjaga hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas," tambah warga Bandarlampung itu.