PLN Sumbangsel serahkan bantuan paving blok limbah batu bara untuk Itera

id Itera,Lampung ,PLN,Perusahaan Listrik Negara,Institut teknologi sumatra

PLN Sumbangsel serahkan bantuan paving blok limbah batu bara untuk Itera

Penanaman bibit pohon di kebun raya Itera oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan dan Rektor Itera Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal, IPU., Selasa, (7/12/2021). ANTARA/Ho-Humas Itera

Bnadarlampung (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (Subangsel) memberikan bantuan paving blok dan batako dari limbah non bahan berbahaya dan beracun (Non B3) batu bara, berupa fly ash dan bottom ash (FABA) kepada Kebun 
Raya Itera.

"Pemberian paving blok limbah batu bara untuk Kebun Raya Itera ini merupakan salah satu bentuk dari program PLN Peduli," kata General Manager PT PLN Unit Induk Pembangkitan Sumbagsel, Djoko Mulyono, dalam keterangannya, di Bandarlampung, Selasa.

Dia menyampaikan program penyerahan bantuan paving blok dan batako tersebut bertujuan untuk memanfaatkan kembali sisa dari hasil pembakaran batu bara pada pembangkit listrik sehingga dapat mendukung program pembangunan berkelanjutan dan dapat menjadi berkah dalam upaya pembangunan Kebun Raya Itera.

"Selain melakukan pemasangan batako dari fly ash dan bottom ash guna mendukung infrastruktur Itera kami juga memberikan bibit sekaligus melaksanakan penanaman pohon untuk penghijau," kata dia.

Sementara itu, Rektor Itera Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal, IPU., menyambut baik kontribusi PLN dalam pembangunan Kebun Raya Iterasi dan berharap kerja sama ini menjadi permulaan yang baik bagi kedua Institusi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi permulaan kerja sama yang baik ke depannya antara PLN dan Itera,” ujarnya.

Rektor itu menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi Negeri ini telah membangun kebun raya seluas 70 hektare sebagai konservasi tanaman Sumatera yang akan menjadi laboratorium penelitian dan pendidikan.

"Selain akan menjadi laboratorium penelitian dan pendidikan, Kebun Raya tersebut juga akan dikembangkan sebagai lokasi edukasi wisata," kata dia.