Dokter imbau masyarakat hindari kerumunan di akhir tahun

id penularan COVID-19,Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu

Dokter imbau masyarakat hindari kerumunan di akhir tahun

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB)!dr. James Allan Rarung (dua dari kiri) berbicara konferensi pers terkait Pertemuan Akbar Dokter Indonesia di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta. ANTARA/HO-PDIB

Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) mengimbau masyarakat untuk menghindari kerumunan di akhir tahun atau menjelang tahun baru untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19.

"Kami mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia, jika akan melakukan aktivitas di akhir tahun sebaiknya menghindari kerumunan atau kegiatan berkelompok yang berdesak-desakan," kata Ketua Umum PDIB dr James Allan Rarung saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

James menuturkan selama infeksi COVID-19 belum terkendali dan teratasi, maka potensi penularan secara luas merupakan suatu keniscayaan.

Oleh karena itu, segala bentuk aktivitas yang menyebabkan keramaian di mana adanya pengelompokan dan kerumunan massa merupakan risiko tinggi terjadinya penularan infeksi COVID-19.

Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, James mengatakan setiap akhir tahun di mana adanya aktivitas "pulang kampung" ataupun aktivitas liburan dan perayaan tahun baru, potensi peningkatan arus mobilitas masyarakat yang melonjak akan seiring dengan peningkatan dan lonjakan angka terinfeksi dan bahkan kematian akibat COVID-19.

Untuk itu, masyarakat dihimbau menghindari kerumunan massa dan tetap terus disiplin menerapkan protokol kesehatan.