Dinas PUPR lakukan normalisasi dan bangun jembatan atasi genangan

id Dinas PUPR Tangerang

Dinas PUPR lakukan normalisasi dan bangun jembatan atasi genangan

Petugas Dinas PUPR Kota Tangerang mengeruk endapan lumpur menggunakan alat berat di Kali Mookervart, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (17/10/2020). Normalisasi kali sepanjang tiga kilometer tersebut guna mengurangi potensi banjir yang disebabkan oleh pendangkalan akibat sedimentasi di kali tersebut. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

Tangerang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Tangerang, Banten, akan melakukan normalisasi sungai dan pembangunan jembatan di Jalan Prof Dr Hamka wilayah Kecamatan Larangan karena kerap tergenang air saat hujan lebat sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Kepala Bidang Binamarga PUPR Kota Tangerang, Muhammad Ichsan di Tangerang, Rabu, mengatakan pembangunan jembatan ditargetkan selesai akhir November 2021.

Jembatan yang dibangun memiliki bentang panjang tujuh meter dengan oprit pada sisi kanan dan kiri yakni 25 meter, serta ketinggian 1 meter dari titik jembatan lama. "Pembangunan jembatan ini disesuaikan dengan kondisi di wilayah sehingga tak lagi tergenang," katanya.

Ia menegaskan pembangunan jembatan ini merupakan aspirasi dari masyarakat setempat, yang ditindaklanjuti Dinas PUPR.

Menurut dia, genangan yang terjadi disebabkan penyempitan aliran di hilir sehingga terjadi back water. Tetapi setelah pembangunan jembatan selesai maka aliran akan lancar.

Pembangunan ini salah satu skenario penanganan genangan di wilayah ini. Pertama kami lakukan pembangunan jembatan. Selanjutnya kami lakukan normalisasi lokal di wilayah sekitar jembatan hingga hilirnya, katanya.

Terkait normalisasi, Dinas PUPR Kota Tangerang akan melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Banten untuk melakukan normalisasi di akses Puri Beta dan Ubud Village.

"Dengan pembuatan jembatan dan normalisasi diharapkan genangan yang kemarin sempat mampir di rumah warga sudah tidak ada lagi. Dan perekonomian di sekitar Jalan Hamka ini bisa berjalan dengan lancar seperti sediakala, katanya.

Uploader : Angga Pramana