Dinkes Kota Bandarlampung siapkan 3.000 vaksin buat anak-anak

id Vaksinasi,COVID-19,Dinkes,Bandarlampung,Lampung,vaksin anak

Dinkes Kota Bandarlampung siapkan 3.000 vaksin buat anak-anak

Petugas kesehatan sedang memberikan vaksinasi kepada salah seorang warga Bandarlampung, Selasa (13/7/2021). ANTARA/Dian Hadiyatna

Vaksinasi COVID-19 buat anak-anak ini harus mendapatkan persetujuan dari orangtuanya terlebih dahulu
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung menyatakan sebanyak 3.000 dosis vaksin COVID-19 disiapkan untuk melakukan vaksinasi kepada anak-anak di kota ini.

"Untuk vaksinasi anak rencananya Rabu (14/7) besok akan dilaksanakan, tapi semuanya tergantung Wali Kota Bandarlampung, kami masih menunggu konfirmasinya," kata Kepala Dinkes Kota Bandarlampung Edwin Rusli, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengungkapkan bahwa vaksinasi COVID-19 buat anak-anak ini harus mendapatkan persetujuan dari orangtuanya terlebih dahulu, sebelum disuntikkan.

Sedangkan tempat pelaksanaannya, ia mengatakan, vaksinasi tersebut akan dilakukan di sekolah-sekolah yang ada di Bandarlampung secara bertahap.

"Tapi saya mendapatkan informasi dari kepala sekolah SMP banyak orangtua yang menolak anaknya divaksinasi. Untuk alasannya saya kurang tahu," kata dia lagi.

Dia pun mengatakan bahwa untuk vaksin COVID-19 yang akan disuntikkan kepada anak-anak tersebut masih Sinovac, dengan dosis yang sama untuk orang dewasa serta jangka waktu pemberian dosis kedua selama 28 hari setelah penyuntikan dosis pertama.

Terkait pelaksanaan vaksinasi di puskesmas-puskesmas di Bandarlampung, Kadinkes itu mengatakan bahwa pemberian vaksin kepada masyarakat dihentikan sementara waktu karena stok vaksinnya sedang kosong.

"Memang sedang tidak melayani vaksinasi, karena stok kosong, kami juga sedang menunggu dari pemerintah pusat. Ada 3.000 dosis itu disiapkan untuk dosis pertama bagi anak-anak,"  kata dia pula.
Baca juga: Bandarlampung tunda pelaksanaan vaksinasi bagi anak dan ibu hamil
Baca juga: Wali Kota: Bandarlampung segera laksanakan vaksinasi anak usia 12-17 tahun