Vaksinasi nakes di Waykanan dan Lampung Selatan

id Corona Lampung, COVID Lampung, vaksinasi Lampung

Vaksinasi nakes di Waykanan dan Lampung Selatan

Ilustrasi- Vaksinator tengah melakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Sebagian besar kabupaten/kota di Provinsi Lampung sedang melaksanakan vaksinasi dosis pertama bagi tenaga kesehatan di daerahnya.

"Kemarin sudah melaksanakan vaksinasi pertama di Kabupaten Wayanan, untuk tenaga kesehatan sasaran ada 2.024 orang yang akan divaksinasi dan saat ini dalam pelaksanaan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan Anang Risgiyanto saat dihubungi di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan ditargetkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi tenaga kesehatan akan dilaksanakan dalam dua hari.

"Kita sudah menerim 3.360 vial dosis vaksin dari Pemerintah Provinsi Lampung, dan telah didistribusikan kepada 1.680 tenaga kesehatan. Kemarin target vaksinasi dalam dua hari dapat terlaksana semua untuk tenaga kesehatan sebab kami telah menyediakan 1.110 vaksinator," katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di 20 puskesmas di 15 kecamatan.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Eka Riantinawati.

"Vaksinasi bagi tenaga kesehatan dalam proses pelaksanaan target ada 2.587 orang tenaga kesehatan yang di vaksin," ujar Eka Riantinawati.

Menurutnya, dari jumlah total sasaran tenaga kesehatan yang diperkirakan memperoleh vaksinasi, ada sejumlah tenaga kesehatan yang tidak boleh divaksinasi akibat adanya penyakit penyerta (kormobid) serta pernah menjadi penyintas COVID-19.

"Vaksinasi akan cepat dilaksanakan di 26 Puskesmas  dan 4 rumah sakit, namun ada sekitar 74 orang tenaga kesehatan penyintas COVID-19 serta sekitar 100 yang memiliki kormobid sehingga tidak bisa divaksinasi pada dosis pertama ini," katanya lagi.

Diketahui dari 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung telah ada 13 daerah yang melaksanakan vaksinasi bagi tenaga kesehatan.