Bupati Lampung Selatan terima vaksin COVID-19 pertama

id lampung selatan, lamsel, covid lampung, lampung, covid, vaksinasi covid, orang pertama, suntik vaksin

Bupati Lampung Selatan terima vaksin COVID-19 pertama

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto sedang dilakukan suntik vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda Lampung Selatan (Antaralampung/Doc Pemkab Lampung Selatan)

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 di daerahnya. Vaksinasi tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda Lampung Selatan.

“Saya menjadi orang pertama untuk dilakukan suntik vaksinasi COVID-19. Ini menjadi contoh bahwa vaksin tersebut aman,”kata Nanang, di Kalianda, Selasa.

Sebelum dilakukan vaksinasi, Nanang terlebih dahulu menuju meja pendaftaraan untuk dilakukan verikasi identitas. Lalu menuju meja screening untuk dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dan mengindentifikasi penyakit penyerta.

Setelah dinyatakan sehat, Nanang kemudian diberikan vaksin COVID-19 secara aman. Usai divaksin, Nanang kemudian diminta untuk menunggu 30 menit. Setelah 30 menit, Bupati Nanang Ermanto tidak merasakan adanya efek samping. 

Menurutnya, pemberian vaksin dilakukan sangat cepat dan tidak terasa sakit. Dimana proses vaksinasi dilakukan dengan cara disuntik di tangan kiri.

“Alhamdulillah, saya bersama Forkopimda sehat-sehat semua. Karena memang kami ini olahragawan,”katanya

Nanang menjelaskan, Pemkab Lampung Selatan mendukung sepenuhnya program vaksinasi sebab vaksinasi ini merupakan upaya pencegahan penularan COVID-19 semakin luas.

“Masyarakat tidak perlu takut dengan vaksinasi. Saya sudah melakukannya, ini untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa vaksin aman untuk mencegah penyebaran COVID-19,” tegasnya

Selain Bupati Lampung Selatan, terdapat Sekda Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin yang juga menerima suntik vaksin COVID-19 di RSUD Bob Bazar.

Meski sudah divaksinasi, Nanang meminta kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M.

“Selalu gunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan untuk kebaikan kita semua,” jelasnya

Selain Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, terdapat delapan orang lainnya yang disuntik vaksin Covid-19 pada tahap pertama.

Mereka adalah Kapolres Lampung Selatan, Dandim 0421 Lampung Selatan, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan, dan Sekda Kabupaten Lampung Selatan.

Kemudian, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan, Ketua PGIS Lampung Selatan, Ketua Nahdatul Ulama dan Ketua Muhammadiyah Lampung Selatan. 

Diketahui, pada termin pertama ini, Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan 2.587 dosis vaksin Sinovac dari pemerintah pusat.

Vaksin Sinovac tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk 2.587 tenaga kesehatan yang tersebar di RSUD Bob Bazar, RS Swasta, 27 Puskesmas dan pusat-pusat layanan kesehatan yang ada di seluruh Kabupaten Lampung Selatan.