Dandim sebut TMMD bisa ciptakan kebersamaan TNI dengan masyarakat

id TMMD,Dandim

Dandim sebut TMMD bisa ciptakan kebersamaan TNI dengan masyarakat

Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes bersama kru LKBN ANTARA Biro Lampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -
Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes menyebutkan bahwa kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) bisa menciptakan kebersamaan antara TNI dan masyarakat.

"Jadi memang program TMMD ini untuk menciptakan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat terutama Satgas TMMD yang terdiri dari TNI dari berbagai kesatuan AD , AL dan AU serta Polri karena mereka akan bertempat tinggal di rumah warga di situ,"  kata Dandim Romas Herlandes, saat mengunjungi, LKBN ANTARA Biro Lampung, di Bandarlampung, Kamis. 

Dia mengatakan, pada masa pandemi COVID-19 dalam menepatkan personelnya dan Satgas TMMD di rumah-rumah warga, dirinya sangat berhati-hati dengan mamastikan terlebih dahulu tempat yang akan ditinggali oleh mereka aman dari virus Corona.

"Paling tidak rumah yang akan menjadi tempat tinggal Satgas TMMD selama kegiatan harus bebas COVID-19 termasuk penghuninya dan kita juga akan mensterilkan lokasi sebelum ditempati," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan TMMD ini nilai yang ingin ditanamkan di sini yakni bagaimana Satgas TMMD dapat mengetahui kehidupan masyarakat sekitar dengan tinggal bersama mereka kurang lebih satu bulan.

Kemudian, lanjut dia, kehadiran TNI pada program TMMD ini diharapkan dapat membatu masyarakat di lokasi kegiatan.

"Misalnya bahan-bahan makanan untuk Satgas TMMD bisa diolah bersama dengan masyarakat dan memakannya bersama-sama dengan mereka," kata dia.

Sehingga, kata dia, masyarakat dapat merasakan bahwa kehadiran TNI di situ bukan untuk menyusahkan mereka namun memberikan dampak positif dengan memberikan keringanan-keringanan kepada warga sekitar.

Dia pun mengharapkan pula dengan pelaksanaan TMMD ini TNI dan masyarakat dapat lebih mengenal karena mereka akan tinggal bersama dan menjadi keluarga asuh selama kegiatan ini berlangsung.

"Jadi nanti di rumah yang di tempati oleh anggotanya, penghuninya bisa menjadi bapak asuh, ibu asuh dan adek asuh sehingga selesai TMMD keakraban atau hubungan anatara TNI masyarakat juga selesai tidak demikian. Jadi hubungan ini kita harapkan dapat berjalan meski TMMD sudah selesai," ujarnya.