Basarnas Lampung gelar apel siaga arus mudik 2019

id Basarna lampung, gelar apel, arus mudik 2019

Basarnas Lampung gelar apel siaga arus mudik 2019

Pelepasan personel siaga arus mudik 2019 di Kantor Basarnas oleh Kapala Basarnas Lampung, Jumaril (Antaralampung.com/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Basarnas Lampung menggelar apel pelaksanaan siaga khusus arus mudik dan balik Lebaran  tahun 2019.

"Siaga SAR khusus arus mudik dan balik akan dimulai sejak tanggal 28 Mei 2019 hingga 13 Juni 2019," kata Kepala Basarnas Lampung, Jumaril di Lampung Selatan, Senin.

Jumaril melanjutkan Basarnas menggelar apel dalam rangka kesiapsiagaan Basarnas Lampung untuk mendukung pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun 2019. Selain itu juga terwujud nya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman, dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait seperti Polri, Dinas Perhubungan, dan Pemda dalam rangka pemantauan.

"Kesiapsiagaan SAR dalam rangka angkutan Lebaran adalah agenda yang kita laksanakan setiap tahun, namun jangan kita jadikan kegiatan yang monoton atau rutinitas. Kita harus ada peningkatan dari tahun ke tahun baik kesiapan personel, peralatan, keterampilan, dan kesigapan," kata dia.

Pada kegiatan itu, Jumaril memerintahkan personelnya agar tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai apa yang menjadi tupoksi Basarnas Lampung. Dia meminta agar personelnya tidak lengah bahwa tupoksi Basarnas tidak hanya terbatas pada siaga angkutan Lebaran melainkan juga masih banyak potensi kecelakaan di luar yang membutuhkan penanganan bilamana terjadi.

"Di sini lah kita harus ekstra waspada karena pada saat ini perhatian kita akan antisipasi kecelakaan dan bencana menjadi lebih komplek dan membutuhkan perhatian yang lebih," kata dia.

Dia menambahkan kepada personel siaga angkutan lebaran tahun 2018 diharapkan agar bisa menjaga sikap yang sopan dan santun serta baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Ikuti prosedur yang ada dan tunjukkan bahwa kita bekerja secara profesional, disiplin tinggi, dan jangan lupa bahwa keselamatan juga merupakan faktor yang penting," kata dia lagi.