KAI tingkatkan keamanan jalur kereta

id kereta api, kai, kereta

KAI tingkatkan keamanan jalur kereta

Petugas dari PT KAI sedang melakukan pengecekan jalur kereta. (antara/istimewa)

Pengecekan terkadang juga dilaksanakan pada malam hari, hal itu dilakukan guna mengetahui kehandalan prasarana demi menjaga keselamatan perjalanan kereta api..."
Bandarlampung, 1 (LampungAntaranews.com) – PT KAI Divisi Regional (Divre) IV Tanjung Karang secara rutin melakukan pengecekan jalur kereta api di wilayah tersebut untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta.

“Saya berserta rombongan melakukaan peninjauan dari Stasiun Pemanggilan Lampung Tengah sampai Stasiun Sulusuban. Peninjauan ini bertujuan untuk mengetahui kehandalan prasarana agar dapat segera diperbaiki kalau ada kerusakan yang menghambat perjalanan kereta api,” kata Kepala PT KAI Divre IV Tanjung Karang Suryawan Putra Hia, dihubungi di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan secara rutin minimal satu kali dalam seminggu dengan jarak antar petak jalan rata-rata mencapai tujuh kilometer.

Suryawan mengatakan, untuk mengetahui secara pasti apabila ada rel patah, bantalan retak, pendrol yang hilang, sehingga bisa segera diganti atau diperbaiki.

“Jadi pengecekan ini sangatlah baik bila di lakukan satu pekan sekali, karena sekaligus melihat prasarana yang dimiliki oleh PT Kereta Api divre IV,” katanya.

“Kegiatan ini saangat baik, apalagi dilakukan pada siang hari,” jelasnya

Ia menjelaskan untuk pengecekan rute perlintasan yang diutamakan ialah yang di daerah rawan atau jauh dari Stasiun Tanjungkarang.

“Pengecekan terkadang juga dilaksanakan pada malam hari, hal itu dilakukan guna mengetahui kehandalan prasarana demi menjaga keselamatan perjalanan kereta api,” tuturnya.

Suryawan mengharapkan, kepada seluruh masyarakat Lampung dapat menjaga prasarana seperti jalur rel kereta api, bila ada yang rusak untuk segera melapor kepada petugas agar bisa segera dilakukan perbaikan sehingga dapat mencegah terjadinys kecelakaan seperti anjlok dan lainnya yang dapat menghambat melintasnya kereta api.