Kunjungan Wisatawan ke Lampung 7,4 Juta Orang

id kadis pariwisata dan ekraf, Choiria Pandarita, pemprov lampung, sail indonesia

Kunjungan Wisatawan ke Lampung 7,4 Juta Orang

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Choiria Pandarita (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Kunjungan wisata itu berasal dari wisatawan domestik dan mancanegara, kata Choiria...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung sejak Januari hingga November 2016 mencapai 7,4 juta orang atau naik sekitar 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Kunjungan wisata itu berasal dari wisatawan domestik dan mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Choiria Pandarita, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, kunjungan wisatawan domestik hingga November 2016 mencapai 7.296.721 orang, sedangkan wisatawan mancanegara 152.956 orang sehingga total sebanyak 7.449.677 orang.

Menurutnya, jumlah kunjungan wisata itu naik sekitar 30 persen dibandingkan pada 2015, yakni wisatawan nusantara sebanyak 5.530.803 orang dan mancanegara sebesar 114.907 orang, dengan total 5.645.710 orang.

Choiria menjelaskan, Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya meningkatkan pembangunan di bidang pariwisata dengan membenahi infrastruktur, pengamanan, dan pengelolaan objek wisata secara profesional.

"Selain itu, yang harus diperhatikan adalah peningkatan pelayanan dan kemudahan akses tujuan tempat wisata, seperti akomodasi perjalanan wisata, yang dilakukan oleh travel perjalanan wisata," kata nya.

Ia menilai pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan apresiasi terhadap budaya daerah, dan menjalin persahabatan antarbangsa maupun individu dan membangun pengertian yang lebih baik dalam dunia global.

Perkembangan kepariwisataan di Provinsi Lampung dalam beberapa tahun belakangan cukup baik meski mengalami pasang surut seiring dengan berbagai peristiwa nasional, regional, maupun global.

"Pariwisata adalah salah satu sektor penyumbang PAD Provinsi Lampung. Kami berharap jumlah kunjungan wisata tahun depan lebih banyak lagi, sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat," tambah Choiria.(Ant)