Waykanan Akan Tingkatkan PAD Dari Sektor Reklame

id waykanan tingkatkan pad, pajak reklame waykanan, raden adipati surya

Waykanan Akan Tingkatkan PAD Dari Sektor Reklame

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya (Foto/Ist.Emir)

"Kita ingin semuanya transparan, semua transaksi dilakukan melalui bank ke rekening kas daerah.
Waykanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, akan meningkatkan pendapatan asli daerah, salah satunya dengan menaikkan pajak reklame karena penerimaan dari sektor ini selama ini nilainya masih kecil.

"Kita akan gali pendapatan asli daerah (PAD) dengan menaikkan pajak reklame, karena sekalipun jumlah reklame di Waykanan banyak, tapi PAD yang dihasilkan dari sektor ini masih sangat kecil," kata Bupati Waykanan Raden Adipati Surya di Balambanganumpu, ibukota Waykanan, Rabu.

Selain itu, katanya, untuk menambah PAD, ke depan Pemkab Waykanan juga akan menyewakan sejumlah lokasi atau lahan strategis milik pemda yang bisa dipakai untuk pemasangan reklame dengan cara disewakan kepada pihak ketiga.

Bupati mengatakan, selain dari reklame, peningkatan PAD juga akan digenjot melalui Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan sektor-sektor lain yang potensial memberikan pemasukan bagi PAD Waykanan.

"Di Waykanan masih banyak objek PBB yang belum didata, bahkan data yang ada saat ini dibuat pada tahun 2011. Karena itu akan dilakukan pendataan ulang agar PBB semakin meningkat," kata Adipati.

Untuk mendata objek PBB yang belum tersentuh, pembak Waykanan akan membentuk Unit Pelayanan Teknis (UPT) di masing–masing kecamatan, dengan tujuan untuk menjemput bola kepada masyarakat agar taat membayar PBB.

Untuk menghindari terjadinya kebocoran, Bupati mengimbau masyarakat yang ingin membayar pajak, membayar sewa reklame atau lainnya diwajibkan melalui rekening kas daerah.

"Kita ingin semuanya transparan, semua transaksi dilakukan melalui bank ke rekening kas daerah. Tidak boleh ada lagi pembayaran dengan cara manual untuk mencegah kebocoran atau penyimpangan," tegas mantan Ketua DPRD Waykanan itu.

Bupati optimistis target penyerapan pembayaran PBB, reklame dan lainnya dapat melebihi yang sudah dicapai saat ini, apalagi pada 2017 pemerintah daerah akan menyiapkan anggaran yang lebih besar untuk mendata semua objek pajak yang ada di Kabupaten Waykanan.

Dengan demikian, semua potensi PAD termasuk lahan–lahan milik pemda yang dapat menghasilkan PAD dapat terdata dengan baik.

"Yang penting pada saatnya nanti semua objek pajak yang telah didata dapat memberikan kontribusi untuk menambah PAD untuk membangun Kabupaten Waykanan," tambah Raden Adipati Surya.(Ant)