Terminal Rajabasa Lampung tingkatkan ruang terbuka jaga kenyamanan penumpang

id Terminal rajabasa lampung, peningkatan emplasemen terminal, bptd lampung

Terminal Rajabasa Lampung tingkatkan ruang terbuka jaga kenyamanan penumpang

Terminal Rajabasa Lampung yang telah selesai melaksanakan emplasemen guna meningkatkan fasilitas bagi pengguna transportasi darat. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Terminal Rajabasa Lampung terus meningkatkan pembangunan emplasemen atau ruang terbuka guna menjaga kenyamanan penumpang pengguna transportasi darat di daerahnya.
 
"Sejak 2023 pemerintah sudah menganggarkan peningkatan infrastruktur di Terminal Rajabasa yang ada di Kota Bandarlampung, salah satunya peningkatan emplasemen," ujar Kepala BPTD Kelas II Lampung Bambang Siswoyo di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan peningkatan emplasemen tersebut pada 2023 sudah dilakukan di bagian utara terminal serta jalan masuk menuju terminal dengan luas area emplasemen 6.200 meter persegi.

"Lalu peningkatan emplasemen tahap kedua telah berlangsung pada 2024 ini. Lokasinya ada di bagian tengah terminal tepat di antara dua gedung utama dengan luas 5.717 meter persegi, dan saat ini pengerjaan sudah selesai sesuai target sehingga saat angkutan Lebaran kemarin sudah bisa digunakan," katanya.

Dia menjelaskan dengan adanya peningkatan emplasemen di Terminal Rajabasa tersebut diharapkan bisa menunjang kenyamanan pengguna transportasi darat.

"Ke depan kami mengharapkan nanti seluruh bus bisa masuk ke Terminal Rajabasa dan kenyamanan pengguna transportasi darat terutama bus bisa nyaman juga setelah adanya peningkatan emplasemen di area terminal," tambahnya.

Menurut dia, para pengguna transportasi darat yang turun ataupun naik dari Terminal Rajabasa pun bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di terminal untuk beristirahat sembari menunggu bus.

"Di terminal ini ada fasilitas seperti ruang tunggu di gedung utama yang bisa digunakan sebagai tempat rehat bagi masyarakat yang mungkin kemalaman atau waktu keberangkatannya masih cukup lama," ucap dia.

Ia mengharapkan dapat dilakukan perbaikan lanjutan di area gedung utama yang digunakan sebagai ruang tunggu penumpang serta area kantin.

"Semoga bisa ditingkatkan untuk fasilitas lain seperti gedung utama terutama ruangan yang digunakan sebagai ruang tunggu penumpang yang sudah cukup tua, agar bisa lebih bagus lagi," tambahnya.