PNM Latih Pengembangan Kapasitas Usaha Nasabah

id nasabah pnm lampung, umkm, pku

PNM Latih Pengembangan Kapasitas Usaha Nasabah

PT Permodalan Nasional Madani PNM (Persero) Cabang Bandarlampung foto bersama dengan pelaku UMK bidang industri rumahan saat menggelar pelatihan pengembangan kapasitas usaha nasabah unit layanan modal mikro di Pringsewu, Rabu (9/9) (FOTO Humas PNM B

Pringsewu, Lampung  (ANTARA Lampug) - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Bandarlampung menggelar pelatihan pengembangan kapasitas usaha nasabah unit layanan modal mikro di Pringsewu.

Pelatihan itu bertema "Temu UMK Sebagai Sarana Sukses Bersama" bertujuan agar seluruh nasabah yang hadir mendapatkan kiat-kiat sukses serta membentuk jaringan usaha dari sesama pelaku UMK, Wakil Dirut PT PNM, Arief Mulyadi, Rabu.

Dalam acara untuk pelaku UMK bidang industri rumahan ini, Nova Kurohman, pengusaha kerajinan kain perca Pringsewu menjadi pembicara.

Arief Mulyadi menjelaskan, pada pelatihan tersebut, nasabah mendapatkan bimbingan dan pelatihan serta motivasi untuk pembentukan mental, agar tidak mudah menyerah dalam menjalani usahanya.

Diharapkan pembentukan jaringan usaha dan temu UMK ini dapat memberikan implikasi positif untuk kesuksesn pelaku UMK sehingga masyarakat madani yang sejahtera dan mandiri akan terwujud.

Pemimpin PT PNM Cabang Bandarlampung, Hersam Sudarisman, mengatakan bahwa konsep pendampingan dan pelatihan seperti ini sangat diperlukan bagi pelaku UMK, karena menjembatani para pelaku UMK untuk bertukar pikiran serta meluaskan jaringan antarpelaku UMK sehingga tujuan akhir meraih sukses bersama dapat dicapai oleh para nasabah.

"Melalui penghayatan akan makna dari sebuah kesuksesan diharapkan akan mampu memacu pengembangan usaha nasabah secara signifikan, sekaligus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan," ujar Hersam.

Dia menyebutkan pula pencapaian positif yang berhasil diraih oleh PNM Cabang Bandarlampung hingga akhir Agustus 2015.

Total pembiayaan outstanding mencapai Rp69,259 miliar dengan total 1.885 nasabah.

Sementara, Pringsewu mencatatkan total "outstanding" pembiayaan sebesar Rp4,043 miliar untuk 129 nasabah