Maskapai Irak Kembali Terbang Ke Kuwait

id Maskapai Irak Kembali Terbang Ke Kuwait, Kuwait, Irak, Pesawat, Perang, bandara, Terbang, Burung besi

Pesawat di bandara internasional Baghdad. (REUTERS/Mohammed Ameen/al-monitor.com).

Kuwait City (Antara/AFP) - Sebuah pesawat Iraqi Airways Rabu mendarat di Kota Kuwait untuk pertama kalinya sejak invasi Irak terhadap emirat pada Agustus 1990, setelah sengketa komersial diselesaikan.
        
Menteri Luar Negeri Irak Hoshyar Zebari dan Menteri Transportasi Hadi al-Amari terbang dengan Airbus A320, mendapat sambutan dari Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Sabah Khaled Al-Sabah.
        
Operator penerbangan nasional Kuwait dan Irak mencapai kesepakatan akhir tahun lalu untuk menyelesaikan sengketa komersial 22 tahun, dengan Iraqi Airways setuju untuk membayar 500 juta dolar AS kepada Kuwait Airways.
        
Di bawah perintah  mantan diktator Saddam Hussein, pasukan Irak menyerbu Kuwait pada Agustus 1990 namun diusir tujuh bulan kemudian oleh tentara koalisi internasional yang dipimpin AS.
        
Kepala Kuwait Airways  Sami al-Nisf, dikutip oleh kantor berita resmi KUNA mengatakan, maskapai penerbangan Irak akan membuat empat penerbangan dalam sepekan ke emirat, sementara hanya operator swasta Kuwait yang menerbangi rute itu.
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar