Selasa, 26 September 2017

Mahasiswa Peringati Hari Aksara Di Tanah Register

id peringatan haari aksara di lamtim
Mahasiswa Peringati Hari Aksara Di Tanah Register
Peringatan Hari Aksara Internasional (8/9) oleh Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung yang digelar di SD N 2 Sadar Sriwidjaya Desa Sadar Sriwidjaya Kecamatan Bandar Sribhawono Lampung Timur, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Sabtu (9/9) (Foto:ANTARA Lampung/Muklasin)
...Minim kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan untuk anak-anak di daerah kawasan ini juga masih besar...
Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung di Kabupaten Lampung Timur dalam memperingati Hari Aksara Internasional menggelar kegiatan membaca bersama siswa sekolah yang tinggal di tanah register dan selama ini luput perhatian pemerintah.

Peringatan Hari Aksara Internasional oleh mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Lampung ini digelar di SD N 2 Sadar Sriwidjaya, Desa Sadar Sriwidjaya, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (9/9).

Desa Sadar Sriwidjaya berada di dalam kawasan register 38 Gunung Balak. Diketahui Siswa sekolah di daerah ini masih minim fasilitas belajar dan minim perhatian pemerintah daerah.

Sedikitnya 250 siswa asal SD swasta Tanjung Sakti, SD N 2 Sadar Sriwidjaya, MI Nurul Huda Sadar Sriwidjaya, RA Al Istiqomah, RA Darul Huda, SMP Kosgoro 2 Sadar Sriwidjaya di tanah register 38 Gunung Balak  mengikuti peringatan Hari Aksara Internasional tersebut.

Muhamad Rohman Mahasiswa semester V Jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan UNU Lampung menjelaskan digelarnya peringatan Hari Aksara Internasional dengan membaca bersama siswa sekolah itu bertujuan menumbuhkan minat baca di kalangan siswa yang tinggal di tanah register 38 Gunung Balak.

Menurutnya minat baca siswa sekolah yang tinggal di tanah register 38 Gunung Balak masih rendah ditambah tingginya angka putus sekolah para siswa di daerah ini.

"Minim kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan untuk anak-anak di daerah kawasan ini juga masih besar, orang tua masih banyak berorientasi ekonomi, pendidikan masih dinomorduakan," kata Muhamad Rohman.

Berangkat dari pola pikir masyarakat di daerah kawasan ini, kata Muhamad Rohman mahasiswa UNU Lampung berupaya mengedukasi pentingnya pendidikan kepada para orang tua dan anak-anak yang tinggal di kawasan register 38 Gunung Balak.

Rangkaian Peringatan Hari Aksara Internasional oleh Mahasiswa UNU Lampung ini diawali dengan mengajak siswa sekolah menyanyikan lagu-lagu nasionalisme di antaranya Halo-Halo Bandung, lagu Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan lagu-lagu nasional lainya. Selanjutnya ratusan siswa diajak membaca buku bersama. Sedikitnya 200 eksempler buku anak-anak disediakan untuk dibaca. Ratusan siswa sekolah ini antusias membaca buku yang disukainya.

Nonton film "Tanah Surga...katanya"  karya sutradara  Herwin Novianto yang berisi pesan-pesan rasa nasionalisme anak-anak yang tinggal di tanah perbatasan negara yang tetap mencintai negerinya, bagaimanapun kondisinya, adalah rangkaian akhir peringatan Hari Aksara Internasional di tanah Register 38 Gunung Balak Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung yang digelar mahasiswa UUniversitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung itu.


(ANTARA)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0877 seconds memory usage: 0.46 MB