Warga Mesuji Lampung keluhkan pemadaman listrik PLN

id listrik padam, warga mesuji, pln, listrik mati

Warga Mesuji Lampung keluhkan pemadaman listrik PLN

Ilustrasi logo PLN (ist)

...Selama sepekan ini sering sekali aliran listrik PLN hidup mati, bahkan dalam waktu yang lama. Kalau begini terus bisa rusak peralatan elektronik kami, kata Andi...
Mesuji, Lampung (ANTARA Lampung) - Warga pelanggan PT PLN di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan mengeluhkan sering padam aliran listrik di daerah ini sehingga bisa berakibat menimbulkan kerusakan peralatan elektronik seperti televisi, radio, dan komputer.

"Selama sepekan ini sering sekali aliran listrik PLN hidup mati, bahkan dalam waktu yang lama. Kalau begini terus bisa rusak peralatan elektronik kami," kata Andi, warga Kelurahan Simpangpematang, Mesuji, Selasa.

Keluhan serupa disampaikan Bely, warga Kecamatan Tanjungraya bahwa sudah sejak lama warga setempat mengeluhkan pelayanan PLN Rayon Mesuji.

"Ya, sepertinya pihak PLN ini tak peduli dengan keluhan warga pelanggannya," kata Bely pula.

Akibatnya nyaris setiap hari padam aliran listrik terjadi sepekan ini, sehingga membuat ratusan warga Mesuji mengeluhkannya.

Pemadaman listrik itu membuat warga Mesuji kebingungan, terlebih kebanyakan perabotan/alat-alat rumah tangga dan usaha lainnya menggunakan listrik.

Keluhan sering padam listrik menurut Bely (40), salah satu pemilik usaha percetakan di Kecamatan Simpangpematang ini, berdampak membuat usahanya merugi, sementara jika menggunakan genset harus membeli BBM lagi dan menambah biaya untuk tetap dapat melayani para konsumen.

"Ya.. padam listrik di Mesuji selama awal Agustus 2016 ini berlangsung hampir setiap hari. Kami belum mengetahui secara pasti penyebab sering padam listrik di Mesuji," kata Bely lagi.

Selain mengeluhkan aliran listrik sering padam, warga Mesuji lain secara terpisah mengeluhkan masih minim daya listrik diterima para pelanggan PLN di Kabupaten Mesuji, terutama pada sore hari hingga menjelang Magrib lampu neon yang terpasang di rumah seperti lampu diskotek yang hidup kemudian mati secara terus-menerus, meskipun menggunakan stavolt atau regulator.

Arus listrik yang minim membuat regulator/stavolt tak berfungsi secara maksimal, ujar Endang, warga di Kecamatan Panca Jaya.

Endang mengeluhkan, akibat arus listrik tak stabil seperti itu membuat dirinya sering kali ke toko elektronik untuk membeli lampu neon lagi. "Ya, saya yakin penyebab lampu tersebut rusak tak lain akibat tak mampu menampung arus yang tidak stabil," kata Endang pula.

Warga setempat berharap pembuatan gardu induk listrik PT PLN di Kecamatan Simpangpematang dapat segera dilaksanakan sebagai salah satu gardu pemasok listrik bagi warga Mesuji. Namun gardu itu hingga saat ini masih `mangkrak` pembangunannya belum pasti kapan akan diselesaikan.

"Kami hanya bisa menunggu kapan Kabupaten Mesuji ini akan memiliki listrik yang memadai," kata Endang lagi.

Warga Mesuji berharap pihak PLN Cabang Tulangbawang dan Mesuji dapat mencari solusi minim arus listrik dan sering padam aliran listrik, sehingga membuat warga kebingungan.

"Kami `kan konsumen dan sepantasnya mendapatkan pelayanan yang maksimal dari PLN," ujar Endang. Harapan serupa diungkapkan puluhan warga Mesuji pelanggan listrik PNL lainnya. (Ant)