Pemudik arus balik di Bakauheni 26 Persen

id pemudik pejalan kaki, padati pelabuhan bakauheni, lampung selatan, arus balik, lebaran 2016

Pemudik arus balik di Bakauheni 26 Persen

Pemudik pejalan kaki sedang memasuki kapal di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (9/7) (Foto: ANTARA Lampung/Agus Setyawan)

Bakauheni, Lampung  (ANTARA Lampung) - Jumlah pemudik arus balik Lebaran 2016 di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, mencapai 191.026 orang atau baru sekitar 26 persen.

"Penumpang yang belum kembali pada arus balik mencapai 550.643 orang," kata General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Edi Hermawan, di Bakauheni, Sabtu (9/7).

Ia mengatakan untuk kendaraan roda dua yang kembali sebanyak 17.677 unit atau baru mencapai 24 persen. Sedangkan mobil yang kembali menuju Pulau Jawa sebanyak 25 persen atau 20.412 unit.

Edi menjelaskan arus balik pemudik melalui Pelabuhan Bakauheni menuju Pulau Jawa terus berlangsung dan lonjakan cukup signifikan dibandingkan beberapa hari lalu.

"Pemudik terus berdatangan sejak Jumat lalu dan diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada Sabtu dan Minggu," ujarnya pula.

Ia memperkirakan penumpang akan terus berdatangan hingga Minggu besok mengingat data di posko mudik jumlah penumpang maupun kendaraan yang kembali baru mencapai 26 persen.

Berdasarkan pantauan, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu malam, menunjukkan ribuan kendaraan roda empat terlihat antre untuk memasuki kapal di dermaga dua dan tiga. Antrean kendaraan tidak bertahan lama karena semua bisa terangkut ke dalam kapal guna diseberangkan menuju pelabuhan Merak, Banten.

Hal serupa terpantau disemua dermaga yang dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni. Ratusan kendaraan roda empat ini antre untuk memasuki kapal dan pelataran parkir dermaga di pelabuhan tersebut. (Ant)