Penumpang pejalan kaki masih memadati Pelabuhan Bakauheni pada Rabu siang

id pelabuhan bakauheni,asdp,penumpang kapal,lampung selatan,penteberangan merak bakauheni,angkutan lebaran 2024

Penumpang pejalan kaki masih memadati Pelabuhan Bakauheni pada Rabu siang

Suasana saat penumpang pejalan kaki masihvterus berdatangan dan memadati jembatan penyeberangan pelabuhan Bakauheni. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Penumpang pejalan kaki yang hendak kembali menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten, masih terus memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada Rabu siang atau H+6 Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan di lokasi para penumpang pejalan kaki terus berdatangan memadati terminal reguler dan ruang tunggu di pelabuhan tersebut.

 

Tidak hanya berdatangan, para calon penumpang kapal juga memenuhi jembatan penyeberangan menuju kapal dermaga satu dan dua untuk menunggu keberangkatan kapal.

Salah satu pemudik dari Lampung Timur Sarmani mengatakan ia bersama keluarganya memilih mudik setelah puncak arus balik selesai agar tidak terjebak kemacetan.
 

"Iya, seharusnya Senin kemarin, tapi pada puncak arus balik kemarin ramai pemudik pasti macet, jadinya memilih hari ini agar tidak macet-macetan di jalan," kata Sarmani saat diwawancarai di Bakauheni, Rabu.

Ia juga mengatakan fasilitas dan pelayanan petugas di Pelabuhan Bakauheni cukup baik dan merasa terbantu oleh petugas untuk menuju ruang tunggu pelabuhan.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan berdasarkan data 24 jam Angkutan Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, jumlah penumpang yang menyeberang menuju Merak sebanyak 110.483 orang.

Ia mengatakan jumlah penumpang itu terdiri atas penumpang pejalan kaki 8.767 orang dan penumpang di dalam kendaraan mencapai 101.716 orang.
 

Pihaknnya memastikan kesiapan armada kapal untuk melayani mobilisasi penumpang pada periode Angkutan Lebaran 2024.

PT ASDP, kata dia, juga menyiapkan berbagai fasilitas pelabuhan dan kapal guna memastikan kenyamanan penumpang pada mudik Lebaran 2024.

Rudi Sunarko mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. "Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujarnya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri sejak 11 Desember 2023.