Kendaraan arus balik ramai lintasi Jalinsum

id situasi jalinsum, arus balik, arus balik di jalinsum

Kendaraan arus balik ramai lintasi Jalinsum

Situasi arus balik di Jalinsum (FOTO: ANTARA Lampung/Samino)

Bakauheni, Lampung (ANTARA Lampung) - Kendaraan arus balik pemudik Lebaran 2016 ramai melintasi Jalan Lintas Sumatera ruas Panjang-Bakauheni Lampung pada tiga hari setelah Idul Fitri 1437 Hijriah.

Pantauan di sejumlah titik Jalinsum Bandarlampung-Lampung Selatan itu, Sabtu, menunjukkan arus balik pemudik didominasi kendaraan sepeda motor, mobil pribadi, bus, dan travel menuju berbagai tempat di Pulau Jawa.

Iring-iringan kendaraan terutama pada siang hari didominasi kendaraan sepeda motor, mobil pribadi, bus, dan travel dari arah Bandarlampung.

Kendaraan dengan nomor plat luar daerah Lampung seperti Jakarta (B), Bandung (D), Serang Banten (A), dan Bogor (F) terlihat melintasi Jalinsum pada arus balik. Mobil pribadi beberapa diantaranya membawa barang bawaan di bagasi atas mobil.

Rombongan sepeda motor juga terlihat mulai memadati Jalinsum, Lampung dari arah Jalan Soekarno--Hatta Bandarlampung menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Cuaca terik tidak mempengaruhi para pemudik sepeda motor untuk melintasi jalan sepanjang kurang lebih 90 km dari Kota Bandarlampung menuju Pelabuhan Bakauheni.

Pemudik sepeda motor dengan berboncengan dan membawa barang bawaan yang cukup banyak terus memacu kendaraannya untuk sampai ke Pelabuhan Bakauheni.

Beberapa diantara mereka beristirahat di sejumlah lokasi terutama di tempat dagangan warga sekitar yang menjual minuman dan makanan seperti mie instan.

Dari data Posko Angkutan Lebaran 2016, Jumat-Sabtu atau 24 jam mulai pukul 08.00-08.00 WIB tercatat sebanyak 80.950 penumpang baik pejalan kaki maupun dalam kendaraan yang telah diseberangkan ke Pulau Jawa.

Sedangkan kendaraan roda dua sebanyak 6.011 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 9.434 unit. (Ant)