Bulan Bhakti Gotong Royong Wahana Tingkatkan Kesejahteraan

id ketua tim penggerak pkk, provinsi lampng, yustin aprilani ficardo, ketua pkk lampung

Bulan Bhakti Gotong Royong Wahana Tingkatkan Kesejahteraan

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Kaum wanita harus mampu berkiprah dan mengambil peran di tengah masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya, ujar Yustin...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo mengatakan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan wahana untuk meningkatkan kesejahteraan serta mewujudkan wanita yang mandiri.

"BBGRM juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan kualitas kaum ibu untuk dapat mandiri dan maju," kata dia, pada Pencanangan Bulan Bhkati Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII dan HKG PKK Ke-44 di Tiyuh Kagunganratu, Kecamatan Tulangbawang Udik Kabupaten Tulangbawang Barat, Kamis.

Ia mengatakan kaum wanita harus mampu berkiprah dan mengambil peran di tengah masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Selain itu, lanjutnya, organisasi wanita seperti PKK yang merupakan mitra pemerintah diharapkan mampu menjadi "motor perubahan" dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi menjelaskan bahwa kearifan nilai-nilai budaya lokal dalam aspek kegotong-royongan patut diberdayakan dan dikembangkan sehingga menjadi potensi dalam pelaksanaan pembangunan.

Karena itu, tema yang diangkat pada peringatan BBGRM XIII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 tingkat Provinsi Lampung tahun 2016 adalah "Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Daya Gunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Sebagai Mitra Pemerintah Desa".

Ia menjelaskan, sasaran peringatan BBGRM XIII dan HKG ke-44 tingkat Provinsi Lampung tahun 2016 antara lain meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam keanekaragaman masyarakat, meningkatkan peran dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan kemitraan masyarakat, pemerintah dan swasta dalam pelaksanaan pembangunan serta meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.

"Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak diharapkan tidak hanya sebagai kegiatan yang bersifat seremonial belaka, namun mampu menumbuh-kembangkan sikap gotong royong. Kiranya masyarakat Lampung untuk bergotong royong bahu-membahu bersama pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan menuntaskan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di daerah `Sai Bumi Ruwai Jurai`", jelasnya.

Rangkaian kegiatan memperingati BBGRM XIII Tahun 2016, telah dilakukan penilaian gotong royong masyarakat oleh tim penilai dari provinsi dengan hasil gotong royong masyarakat terbaik tingkat kabupaten, yaitu, juara I diraih oleh Desa Titiwangi, Kecamatan Candipura Kabupaten Lampung Selatan, juara II diraih oleh Desa Ramaaji, Kecamatan Raman Utara,  Kabupaten Lampung Timur dan juara III diraih oleh Tiyuh Chandramukti, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat.

Sedangkan untuk tingkat kota (kelurahan), juara I diraih oleh Kelurahan Ganjaragung Kecamatan Metro Barat Kota Metro. Masing-masing terbaik akan mendapatkan dana pembinaan dari pemerintah.(Ant)