Pembebasan Lahan Tol Sabahbalau-Lematang Segera Dituntaskan

id jalan tol, trsns sumatera, sabahbalau, lampung selatan

Pembebasan Lahan Tol Sabahbalau-Lematang Segera Dituntaskan

Para pekerja sedang mengerjakan jembatan simpang susun Tol rans Sumatera di wilayah Sabahbalau, Lampung Selatan (FOTO ANTARA Lampung/Agus Wira Sukarta)

...Kami siap mengerjakan jalan tol di desa itu, apabila prosesnya telah selesai hingga pembebasan lahannya," kata Sugiyono...
Sabahbalau, Lampung  (ANTARA Lampung) - Pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Sabahbalau-- Lematang Lampung Selatan sepanjang 2 kilometer masih menunggu penuntasan pembebasan lahannya.

"Kami siap mengerjakan jalan tol di desa itu, apabila prosesnya telah selesai hingga pembebasan lahannya," kata Kepala Logistik PT Waskita Karya, Sugiyono, di Sabahbalau, Lampung Selatan, Kamis.

Ia menyebutkan, pihak kontraktor pembangunan jalan tol Trans Sumatera akan mempercepat pembangunan jalan bebas hambatan tersebut, jika proses yang berhubungan dengan lahan itu telah selesai dan diserahkan ke PT Waskita Karya.

Berdasakan informasi, lanjutnya, lahan untuk pembangunan jalan tol itu diperkirakan akan selesai proses ganti ruginya pada Mei 2016.

Menurutnya, PT Waskita Karya telah menyelesaikan sekitar 7,9 kilometer jalan tol yang sudah selesai proses rigidnya atau pembangunan jalan beton semennya.

Ia menjelaskan, dari 10 kilometer pembangunan jalan tol, sepanjang 7,9 kilometer telah dikerjakan dan sisanya sekitar 2 km masih menunggu proses sanggahan.

Pihaknya juga sedang menyelesaikan pembangunan satu Simpang Susun yang nantinya akan menjadi pintu keluar ke arah Kota Baru, yang saat ini sudah memasuki proses rigid.

"Nanti di Kota Baru dan Jalan Ir Sutami ada `gate to gate` atau pintu keluar-masuk tol yang akan digunakan pada arus mudik lebaran mendatang," katanya.

Pihaknya juga saat ini sedang menyelesaikan tiga jembatan, dua jembatan sedang proses penyelesaian lantainya dan ditargetkan akan selesai dalam dua bulan ke depan sehingga dapat digunakan.

Pihaknya ditargetkan menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 40,6 kilometer dan diprediksi akan selesai pada awal tahun 2018.

Ia menambahkan, hingga sekarang belum ada kendala teknis yang dialami pihaknya dalam mengerjakan pembangunan jalan tol di Lampung.

Namun demikian, pihaknya berharap masalah pembebasan lahan dapat segera diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung dan pihak terkait lainnya agar pembangunan jalan tol tersebut tidak menemui kendala.

Jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,41 Kilometer yang sedang dalam tahap pembangunan dan rutenya dimulai dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah).

Pembangunan jalan tol itu merupakan jaringan dari Jalan Trans-Sumatera. Peletakan batu pertama pembangunan jalan tol ini dilakukan pada 30 April 2015 oleh Presiden Joko Widodo. Pembangunan ruas tol ini dilakukan oleh konsorsium BUMN, yakni PT Hutama Karya (Persero), PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya, serta PT Adhi Karya melalui skema penugasan. Pembangunan jalan tol ini direncanakan selesai sebelum Asian Games 2018.

Pemerintah Provinsi Lampung akan mempercepat pembangunan jalan tol Sumatera, dengan melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan yang terpentang dari Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan dan Tegineneng Kabupaten Pesawaran hingga Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.(Ant)