Gitaris Grup Eagles Glenn Frey Tutup Usia 67 Tahun

id glenn frey, gitaris grup eagles, turup usia, 67 tahun

Gitaris Grup Eagles Glenn Frey Tutup Usia 67 Tahun

Glenn Frey gitaris band 'The Eagles. ( REUTERS/Benoit Tessier)

Los Angeles (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Glenn Frey, sang gitaris produktif, penyanyi, penulis lagu, dan pendiri Eagles, grup rok asal Amerika Serikat yang terkenal dengan lagu "Hotel California" dan puluhan lagu pupoler lainnya, Senin, meninggal dunia pada usia 67 tahun, demikian pernyataan grup itu dalam situsnya.

Frey meninggal di New York City karena komplikasi penyakit rematik, radang usus akut, dan pneumonia, kata band.

Eagles, yang albumnya "Their Greatest Hits 1971-1975" mencatat rekor kedua terlaris sepanjang masa di AS, membantu menciptakan "soundtrack" bebas pada tahun 1970-an, dan tetap diputar di beberapa radio rok hampir setengah abad kemudian.

Perpaduan musik rok dan "country" memicu kesuksesan mereka dengan lagu populer seperti "Desperado", "Already Gone", dan "Take It to the Limit".

Frey berkolaborasi dengan pemain drum Don Henley untuk bersama-sama menulis dan menampilkan banyak lagu terlaris grup itu. Sementara Henley paling sering menyanyikan sebagai vokalis grup itu, Frey memainkan gitar dan piano, merupakan kunci keharmonisan grup sebagai pengiring vokalis, dan kadang-kadang bernyanyi memimpin.

Penampilannya membawakan lagu "Take It Easy" dan "Peaceful Easy Feeling" dalam album debut grup pada 1972 membuat Eagles meroket dan tenar, kemudian dia menyanyikan lagu "Lyin' Eyes", "Already Gone" dan "Take It Easy".

Frey meninggal tidak lama setelah seminggu meninggalnya penyanyi rok terkenal, David Bowie, pada usia 69 di New York, akibat penyakit kanker hati.

Frey yang lahir di Detroit dan Henley mendirikan grup Eagles pada 1971 di Los Angeles setelah bermain sebagai band pengiring untuk penyanyi rok Linda Ronstadt.

Henley dalam sebuah pernyataan memuji Frey sebagai "seorang yang memulai segalanya" untuk Eagles.

"Dia adalah pencetus, pria yang punya rencana," kata Henley.

"Dia memiliki kumpulan pengetahuan musik populer dan etika kerja yang tidak pernah berhenti. Dia lucu, keras kepala, lincah, murah hati, dan sangat berbakat." Anggota asli grup itu termasuk Bernie Leadon dan Randy Meisner. Beberapa musisi lain, termasuk Joe Walsh, bergabung dengan grup pada tahun 70-an.

Sukses Solo Setelah Eagles dibubarkan pada 1980, Frey sukses bersolo karir, merekam lagu "The One You Love", "Smuggler's Blues", dan "The Heat is On". Beberapa karya komposisinya digunakan untuk berbagai film atau acara televisi, dan Frey juga berkarir sebagai aktor, termasuk bermain dalam film "Jerry Maguire" pada 1996.

Pada 1994, Eagles bersatu kembali dan merilis album berjudul "Hell Freezes Over". Judul album lucu itu berasal dari pernyataan Henley sebelumnya yang menyatakan grup hanya akan kembali bersatu ketika "neraka membeku" ("hell freezes over").

Henley mengatakan dia memandang Frey sebagai saudara lelaki, tapi mengakui bahwa, seperti di kebanyakan keluarga, "ada beberapa 'disfungsi" dalam hubungan mereka.

Eagles, yang dilantik menjadi grup Rock and Roll Hall of Fame pada 1998 dan telah tampil di berbagai pertunjukan dengan tiket terjual habis sejak reuni mereka, yang baru-baru ini telah menyelesaikan tur musik dua tahun pada Juli lalu.

Frey dalam sebuah wawancara dengan Tampa Bay Times pada 2012, menyatakan kesehatan fisik anggota grupnya 'sebagai salah satu alasan untuk kesuksesan panjang mereka. "Kami berhasil mendapatkan pesta kereta cukup awal," katanya kepada surat kabar itu.

Namun tahun lalu, kesehatan Frey kembali memburuk, ketika dia mengalami masalah usus.

Eagles telah dijadwalkan bergabung dengan penulis lagu Carole King, sutradara film "Star Wars" George Lucas dan lainnya dalam menerima penghargaan bergengsi Kennedy Center Honors di Washington bulan lalu. Tapi pada November, pusat pertunjukan seni itu mengumumkan Eagles tidak dapat berpartisipasi karena kesehatan Frey, dan mengatakan penghargaan akan dipersembahkan pada 2016.

Frey meninggalkan seorang istri, Cindy, dan tiga anak.