Pesawat Aviastar 7503 keluar rute terbang

id aviastar memotong rute, pesawat aviastar jatuh

...Diduga memotong rute, nanti pihak KNKT yang menyimpulkan...
Makassar (ANTARA Lampung) - Pesawat Twin Otter Aviastar 7503 yang hilang kontak sejak Jumat (2/10) keluar dari rute terbangnya, kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Ini kan penerbangan perintis dan disubsidi oleh pemerintah. Aviastar yang jatuh ini telah keluar dari rute terbangnya," ujar Ignasius Jonan yang memberikan keterangan di Lanud Hasanuddin Makassar, Senin (5/10).

Dia mengatakan pada saat pesawat Aviastar lepas landas dari Bandara Andi Djemma, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, cuaca sangat mendukung untuk penerbangan.

Namun, baru sekitar 11 menit pesawat Aviastar lepas landas, pesawat sudah hilang kontak. Hasil penelusuran sementara jika pesawat itu telah keluar dari rute terbangnya yakni Masamba-Makassar.

"Diduga memotong rute, nanti pihak KNKT yang menyimpulkan. KNKT juga baru turun melakukan penyelidikan," katanya.

Dalam kunjungan itu Menteri Perhubungan disambut oleh Otoritas Bandara serta Tim Basarnas melakukan pertemuan tertutup di Fire Station Lanud Hasanuddin.

Rombongan menteri meninggalkan lokasi sebelum pesawat Aviastar ditemukan Polres Luwu bersama warga setempat yang telah melakukan pencarian selama dua hari dengan jalur darat.

Pesawat Aviastar 7503 hilang kontak sekitar pukul 14.36 WITA dalam perjalanan menuju Makassar, 11 menit setelah lepas landas dari Bandara Andi Jemma, Masamba, Jumat (2/10/15).

Waktu tempuh penerbangan normal dari Bandara A Jemma Masamba ke Makassar selama 70 menit (1 jam 10 menit). Semestinya tiba di Makassar pada pukul 15.39 WITA.

Pesawat jenis PKBRM/DHC6 milik Aviastar dengan nomor penerbangan MV 7503 dinakhodai Capt Iri Afriadi dengan Co Pilot Yudhistira serta teknisi Sukris. Terdapat tujuh penumpang yang terdiri atas empat dewasa, satu anak, dan dua bayi dalam pesawat tersebut.

Tujuh penumpang tersebut adalah Nurul Fatimah, Lisa Falentin, Riza Arman, Sakhi Arqam, M. Natsir, Afif (bayi 1 tahun), Raya Adawiah (balita 3 tahun). (Ant)