Pemprov Berencana Bangun Dermaga

id Pemprov Lampung Berencana Bangun Dermaga

Sebagai Ibu Kota Provinsi Lampung, Kota Bandarlampung menjadi salah satu tolok ukur perkembangan wilayah, sehingga perlu upaya serius mengembangkan sektor ekonomi dan menyiapkan infrastruktur yang diperlukan."
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung berencana membangun sebuah dermaga di Kota Bandarlampung untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah ini.
        
"Sebagai Ibu Kota Provinsi Lampung, Kota Bandarlampung menjadi salah satu tolok ukur perkembangan wilayah, sehingga perlu upaya serius mengembangkan sektor ekonomi dan menyiapkan infrastruktur yang diperlukan," kata Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, di Bandarlampung, Minggu.
        
Ia menyebutkan perkembangan sektor pariwisata di provinsi ini belum maksimal atau cenderung dalam kondisi stagnan, untuk itu, perlu penanganan serius dan konsentrasi dalam upaya pengembangan sarana pariwisata di daerah ini.
        
"Kalau memang pembangunan dermaga sekelas Marina ini dapat mewujudkan percepatan serta meningkatkan kunjungan wisatawan tentu akan segera dilaksanakan, sehingga perlu pengkajian atau penelitian terlebih dahulu," kata dia lagi.
        
Mantan Bupati Tulangbawang Barat itu menambahkan bahwa setelah rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral terkait penyelenggaraan kepariwisataan, Dinas Pariwisata Lampung segera membentuk tim untuk mencari solusi terbaik meningkatkan kualitas objek wisata di Lampung.
        
"Sangat disayangkan berbagai potensi wisata di Lampung tidak tergarap secara optimal karena masih minim peran pemerintah sebagai rekan kerja sektor wisata yang dikelola oleh pihak swasta," ujarnya pula.
        
Dia juga menegaskan, peran pemerintah bukan sebagai penyelenggara wisata, namun mendukung kalangan swasta melakukan pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung.
        
"Kami sifatnya memberikan fasilitas pendukung atau sarana dan prasarana yang diperlukan, termasuk kemudahan perizinan usaha wisata, sehingga mampu menarik minat investor di bidang pariwisata," kata dia pula.
        
Bachtiar berharap ke depan dengan adanya rakor lintas sektoral dapat menemukan berbagai persoalan yang menyebabkan lambat perkembangan sektor wisata di Lampung.
        
Anggota Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lampung, M Irwan Nasution mengatakan, pembangunan Dermaga Marina di sekitar Gunung Kunyit diharapkan akan mendukung perkembangan wisata di provinsi ini.
        
"Dermaga ini bisa berfungsi sebagai moda transportasi laut yang dapat menjadi salah satu alat pengenalan destinasi wisata di seluruh kawasan Teluk Lampung," ujarnya.
        
Secara tidak langsung, kata dia, berbagai potensi wisata di Lampung dapat diperkenalkan tanpa adanya kendala infrastruktur yang sebagian besar masih belum baik.
        
Pelaku usaha wisata ini juga mengharapkan adanya dermaga khusus itu dapat menjadi salah satu alternatif menuju tempat wisata yang sulit terjangkau lewat jalur darat.