Timnas U-23 Gagal Balas Dendam

id timnas u-23, asian games 2014, aji santoso, runer up, juara grup f, logo asian games

Timnas U-23 Gagal Balas Dendam

Asian Games 2014 ((www.beritasatu.com))

Jakarta, (ANTARA LAMPUNG) - Timnas Indonesia U-23 gagal melakukan balas dendam ke Thailand setelah pada pertandingan terakhir cabang sepak bola Grup E Asian Games 2014 di Incheon Football Stadium, Korea Selatan, Senin, kalah telak 0-6.
         
Kekalahan ini selain memupus upaya anak asuh Aji Santoso untuk menjadi juara Grup E juga menambah daftar panjang kekalahan Timnas Garuda Muda dari Timnas Thailand U-23. Sebelumnya timnas kalah dua kali di SEA Games 2013.
         
Berdasarkan data tim media PSSI, Timnas Garuda Muda yang bermain cemerlang pada dua pertandingan penyisihan sebelumnya yaitu saat menang 7-0 atas Timor Leste dan menang 4-0 atas Maladewa bermain kurang maksimal saat menghadapi Thailand.
         
Meski mengalami kekalahan telak, Victor Igbonefo dan kawan-kawan tetap lolos ke babak 16 besar dengan posisi runner up Grup E dengan raihan enam poin. Pada babak selanjutnya Timnas Garuda Muda akan menghadapi Korea Utama.
         
Pada pertandingan bukan penentuan itu pelatih Aji Santoso menurunkan formasi berbeda jika dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya. Bahkan top skorer kejuaraan empat tahunan yaitu Ferdinand Sinaga juga tidak dimainkan sejak awal pertandingan.
        
Rotasi pemain yang dilakukan pelatih asal Malang itu ternyata kurang berbuah manis karena malah menjadi bulan-bulanan Timnas Thailand yang sebelumnya menang 2-0 atas Maladewa dan menang 4-0 atas Timor Leste. Padahal sebelumnya timnas bermain gemilang.
         
Timnas pada menit tujuh sudah dikejutkan dengan gol Chananan Pombubpha setelah memaksimalkan umpan Charyl Yannic Chappuis dari sisi samping. Bola sepakannya tak bisa dihadang sehingga Indonesia defisit satu gol. 10 menit berselang Thailand menggandakan keunggulan lewat Adisak Kraisorn.
         
Yandi Sofyan dan kawan-kawan sebenarnya berusaha memberikan perlawanan. Namun, lawan bermain lebih agresif sehingga tekanan yang dilakukan oleh Timnas Indonesia selalu kandas dibarisan pertahanan. Kondisi 0-2 terjadi hingga babak pertama usai.
         
Pada babak kedua yang diharapkan Indonesia bangkit justru kurang mendapatkan hasil. Empat gol tambahan bersarang ke gawang Teguh Amiruddin yang menggantikan posisi Andritany Ardhiyasa yang mengalami cedera saat menghadapi Maladewa.
         
Kondisi ini membuat Timnas Garuda Muda sulit menghindar dari Korea Utara sebagai juara Grup F yang akan menjadi lawan berikutnya. Sesuai dengan rencana, pertandingan babak 16 besar digelar 26 September nanti.