TN Way Kambas Bentuk Pengamanan Swakarsa

Gajah jinak yang digunakan untuk menghalau kawanan gajah liar masuk perkampungan dan perkebunan warga. (istimew)

Berita Terkait
Sukadana, Lampung (ANTARA LAMPUNG) - Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur akan membentuk pam swakarsa atau pengamanan hutan oleh masyarakat  pada 2012.
        
"Pengamanan ini untuk menghindari terjadinya konflik antara gajah dengan manusia yang kerap terjadi di taman nasional ini," katanya Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama TNWK, Sukatmoko, Kamis.
        
Ia menerangkan, nantinya petugas ini diambil dari masyarakat yang berada di enam kecamatan penyangga taman nasional itu, yang bertugas untuk mengantisipasi kawanan gajah liar masuk permukiman penduduk.
        
"Pam swakarsa ini nantinya akan dikoordinasi langsung oleh Kementerian Kehutanan," ujar dia.
        
Dengan upaya ini, katanya, semua akan terlibat menjaga kawasan hutan dan menghalau kawanan gajah liar jika masuk pemukiman warga dan merusak tanaman pertanian.
        
Selain itu, katanya, nanti para petugas dari masyarakat ini akan menjaga kawasan hutan tersebut dari para perambah hutan dan juga dari pemburu satwa yang dilindungi itu.
        
Kemudian, mereka akan diperkuat dengan petugas patroli gajah yang akan berpatroli rutin di kawasan tersebut, terutama jalur-jalur yang merupakan titik kawanan gajah liar keluar kawasan hutan.

 

Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar