WIKA Salurkan Bantuan Hingga 1,9 M Untuk Tanggap Bencana Cianjur

WIKA Salurkan Bantuan Hingga 1,9 M Untuk Tanggap Bencana Cianjur

ANTARA/WIKA

Bangun Modular Klinik Pertama pada Lokasi Bencana Gempa di Indonesia

Jakarta (ANTARA) - Kontribusi WIKA Group dalam tanggap bencana gempa di Cianjur melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) telah menjangkau 10 titik tanggap bencana di Cianjur dengan nilai 1,9 Milyar. Bantuan yang telah diberikan mulai dari alat berat, mendirikan klinik modular hingga tenda darurat dan sembako telah berhasil tersalurkan dengan melibatkan dukungan dari proyek maupun entitas anak.

Berkat terobosan WIKA Gedung yaitu teknologi modular, WIKA Group berhasil mendirikan klinik modular pertama sebagai fasilitas kesehatan selain puskesmas sekaligus posyandu yang cukup jauh dari lokasi tersebut. Klinik ini telah melalui serah terima kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur pada Selasa (6/12) dan sudah mulai beroperasi dan diharapkan dapat memberikan dukungan medis darurat yang memadai bagi seluruh warga yang membutuhkan.

ANTARA/WIKA

Salah satu keunggulan pada sistem modular terletak pada metode pemasangan yang lebih praktis dan singkat sehingga Klinik darurat yang memiliki luas 162 m2 ini dapat dibangun dalam waktu 5 hari. Klinik modular ini menjadi satu-satunya bangunan yang berdiri sekaligus dapat difungsikan di Desa Salakawung, ungkap Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito (Agung BW).

Agung BW menambahkan bahwa pembangunan klinik modular ini juga merupakan yang pertama kali dilakukan pada lokasi bencana di Indonesia terutama karena memenuhi unsur ketahanan terhadap gempa susulan yang berpotensi terjadi. Dengan kesuksesan pembangunan tersebut, pembangunan klinik modular dapat juga diterapkan dalam keadaan darurat yang mungkin terjadi di waktu mendatang.

Pembangunan klinik modular tersebut telah melalui perjuangan yang cukup menantang dikarenakan kondisi medan yang berat akibat puing reruntuhan dan timbunan tanah longsor yang menutup akses jalan sekaligus jalur yang sempit. Meskipun memakan waktu tempuh 11 jam, 20 unit modular tersebut berhasil dikirimkan dari rumah produksi modular WEGE di Cileungsi menuju titik lokasi.

Bantuan perlengkapan berupa tenda berukuran 6x8 meter dan 7 unit genset pun turut disalurkan oleh WIKA Group sebagai tempat untuk beristirahat masyarakat akibat gempa yang merobohkan rumah mereka. Selain itu, terdapat tenda darurat yang berfungsi sebagai fasilitas publik berupa musholla, ada pula kamar mandi umum yang dibangun di sejumlah titik terdampak bencana.

Tak hanya sampai di situ, WIKA Group juga menyalurkan bantuan yaitu berupa sembako, air minum, obat-obatan dan keperluan bayi secara langsung. Agung BW menambahkan, bahwa WIKA terus berkoordinasi dengan PT Jasamarga (Persero) selaku PIC Satgas Cianjur dalam penyaluran bantuan pada titik tanggap bencana.
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024