Piala Afrika: Angola dan Nigeria melaju ke perempat final

id Piala Afrika 2023, Angola, Nigeria, sepak bola Internasional

Piala Afrika: Angola dan Nigeria melaju ke perempat final

Striker Nigeria Victor Osimhen meluapkan kegembiraan setelah memastikan kemenangan 2-0 atas Kamerun pada putaran 16 besar Piala Afrika di Stadion Felix Houphouet-Boigny, Abidjan, Sabtu (27/1/2024). (Photo by FRANCK FIFE / AFP) (AFP/FRANCK FIFE)

Selanjutnya Nigeria dan Angola akan saling berhadapan di Felix Houphouet Boigny Stadium pada Jumat (02/2) mendatang untuk memperebutkan tiket semifinal
Jakarta (ANTARA) - Angola melaju ke perempat final Piala Afrika 2023 usai menyingkirkan Namibia dengan skor 3-0, sedangkan Nigeria berhasil menyingkirkan Kamerun dengan skor 2-0.
 
Angola lebih dulu lolos ke delapan besar usai mengatasi Namibia dengan skor 3-0 di Stade la Paix, Minggu dini hari WIB.
 
Angola justru sebenarnya lebih dulu kehilangan pemain kala kiper Adilson Cipriano da Cruz alias Neblu diusir wasit pada menit ke-17.
 
Bermain dengan 10 orang, Angola lantas membuka keunggulan lewat gol Gelson Dala pada menit ke-38.

Dua menit berselang, Namibia juga kehilangan pemain saat Lubeni Haukongo menerima kartu kuning kedua.

Gelson menambah keunggulan Angola menjadi 2-0 pada menit ke-42 sebelum Mabululu menyempurnakan kemenangan timnya dengan gol pada menit ke-66.

Dalam partai lain tidak lama setelah itu, Nigeria mengandaskan Kamerun 2-0 di Felix Houphouet Boigny Stadium. Kamerun lebih banyak menguasai bola, tetapi Nigeria lebih efektif dalam menyerang.

Ademola Lookman membuka keunggulan Nigeria pada menit ke-36. Penyerang Atalanta itu kemudian mencetak gol kedua pada menit ke-90 sekaligus menyegel satu tempat di perempat final Piala Afrika 2023.

Selanjutnya Nigeria dan Angola akan saling berhadapan di Felix Houphouet Boigny Stadium pada Jumat (02/2) mendatang untuk memperebutkan tiket semifinal.