Maroko ke babak 16 besar Piala Afrika

id Maroko, Piala Afrika 2023, sepak bola Internasional

Maroko ke babak 16 besar Piala Afrika

Selebrasi Hakim Ziyech setelah mencetak gol untuk Maroko dalam pertandingan Grup F lawan Zambia di Stade de San Pedro pada Kamis (25/1/2024). ANTARA/HO-CAF

Jakarta (ANTARA) - Timnas Maroko dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2023 berkat gol tunggal Hakim Ziyech ke gawang Zambia dalam matchday ke-3 Grup F di Stade de San Pedro pada Kamis dini hari WIB.

Hasil ini memastikan Maroko menjadi tim terbaik di Grup F dengan torehan tujuh poin. Sementara Republik Demokratik Kongo mendampingi ke babak 16 besar usai imbang 0-0 lawan Tanzania.

Kemenangan Maroko juga mengandaskan harapan Zambia untuk lolos. Zambia hanya perlu hasil imbang saja untuk lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik, dengan modal dua poin dan selisih gol nol.

Sementara itu, tuan rumah Pantai Gading menjadi tim yang diuntungkan karena lolos setelah Zambia gagal menambah poin, finis sebagai tim terbawah dari empat tim terbaik peringkat ketiga.

Pantai Gading sendiri sebelumnya memecat pelatih Jean-Louis Gasset usai kekalahan telak 0-4 dari Guinea Ekuatorial. Namun, tuan rumah masih bisa melaju berkat kemenangan Maroko.

Baca juga: Liverpool hadapi Chelsea di final Carabao Cup

Sementara di Grup E, tiga tim memastikan lolos. Mali menjadi juara grup disusul Afrika Selatan dan Namibia, sementara Tunisia terhenti sebagai juru kunci.

Tunisia gagal meraih kemenangan yang dibutuhkan usai ditahan Afrika Selatan 0-0. Hasil imbang tanpa gol juga menghiasi laga Namibia kontra Mali.

Baca juga: Harapan Indonesia untuk cetak sejarah di Piala Asia masih terbuka

Hasil matchday ke-3 Piala Afrika 2023 hingga Kamis (25/1/2024) dini hari WIB, berdasarkan laman resmi Piala Afrika 2023:

Namibia 0-0 Mali
Afrika Selatan 0-0 Tunisia
Tanzania 0-0 Republik Demokratik Kongo
Zambia 0-1 Maroko (Hakim Ziyech 37')

Tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2023:

Guinea Khatulistiwa
Nigeria
Tanjung Verde
Mesir
Senegal
Kamerun
Angola
Burkina Faso
Mali
Afrika Selatan
Maroko
RB Kongo
Namibia
Mauritania
Guinea
Pantai Gading



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Afrika