Rumah BUMN dan PLN kolaborasi adakan pelatihan digital marketingke UMKM

id pln, rumah bumn bandarlampung, pelatihan marketing

Rumah BUMN dan PLN kolaborasi adakan pelatihan digital marketingke UMKM

Rumah BUMN dan PLN kolaborasi adakan pelatihan digital marketing ke UMKM (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung melalui Rumah BUMN Bandarlampung menyelenggarakan kegiatan pelatihan strategi jitu tingkatkan penjualan online bagi para pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Bandarlampung.

Pelatihan yang dihadiri oleh 28 UMKM tersebut menghadirkan Coach and Professional Trainer Digital Marketing sebagai narasumber untuk memberikan materi dan pendampingan praktik secara langsung.

General Manager PT PLN (Persero) UID Lampung, Saleh Siswanto menyampaikan bahwa PLN sebagai fasilitator Rumah BUMN Bandar Lampung akan terus mendukung program-program yang diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas pada pelaku UMKM khususnya yang tergabung dalam Rumah BUMN Bandarlampung.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan ini UMKM akan semakin mahir dalam memanfaatkan berbagai fitur yang ada di dunia digital khususnya penggunaan sosial media dan e-commerce untuk memasarkan produknya, karena saya yakin kualitas produk UMKM tidak kalah dengan produk retail namun sayangnya strategi pemasaran seringkali belum optimal,” tuturnya.

Saleh juga menyampaikan apresiasi kepada pihak konsultan yang bersedia hadir untuk menjadi narasumber dan melakukan pendampingan kepada peserta pelatihan sehingga para pelaku UMKM dapat memperoleh ilmu secara langsung dari praktisi di bidang digital marketing.

Edi Darmawansah, selaku Coach and Professional Trainer Digital Marketing menyampaikan dalam materinya bahwa pelaku UMKM saat ini sudah harus lebih cekatan dalam menjemput calon pembeli. Seringkali para penjual sudah merasa puas dengan cakupan pelanggan yang dimiliki, padahal dengan mengoptimalkan berbagai fitur dari sosial media dan e-commerce, para pelaku UMKM dapat memperluas pasar mereka.

“Pada pelatihan hari ini selain memberikan materi secara teori pelaku konsumen, kami juga memberikan pelatihan secara praktik untuk membuat fitur website online sederhana yang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM dalam menampilkan katalog, kontak, promosi, dan berbagai informasi lainnya. Fitur ini dapat ditampilkan pada halaman sosial media masing-masing UMKM untuk mempermudah calon pembeli dalam memperoleh informasi produk,” jelasnya.

Lely Anggraini, salah satu pelaku UMKM pemilik Lely Cake Lapis Legit sebagai salah satu peserta pelatihan mengungkapkan rasa senangnya karena memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan digital marketing dari Rumah BUMN Bandar lampung.

“Saya merasa sangat senang karena selama bergabung di Rumah BUMN Bandar Lampung banyak sekali pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan saya dalam menjalankan bisnis, terlebih lagi narasumber yang dihadirkan selalu praktisi atau eksper di bidang UMKM, terima kasih Rumah BUMN dan PLN,” tutupnya.