Piala Dunia U-17, Uzbekistan bungkam Kanada 3-0

id Uzbekistan U-17,Kanada U-17,Grup B Piala Dunia U-17 2023

Piala Dunia U-17, Uzbekistan bungkam Kanada 3-0

Pesepak bola Timnas Uzbekistan berfoto bersama sebelum bertanding melawan Timnas Mali pada pertandingan Grup B Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/11/2023). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Uzbekistan U-17 membuka kemenangan pertamanya di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia setelah mengalahkan Kanada dengan skor 3-0 pada laga kedua Grup B di Stadion Manahan, Solo, Senin malam.

Melalui gol bunuh diri Mba Richard Chukwu pada menit ke-22 dan dua gol Amirbek Saidov pada menit ke-24 dan menit ke-80, Uzbekistan memetik poin penuh pertamanya di Piala Dunia U-17 setelah pada laga sebelumnya, Jumat (10/11), dikalahkan Mali U-17 dengan skor 0-3.

Uzbekistan yang berstatus sebagai semifinalis AFC U-16 2023 mendominasi jalannya laga. Tim asuhan Jamoliddin Rakhmatullaev itu dengan nyaman memainkan kaki ke kaki sejak menit pertama.

Peluang berbahaya pertama didapatkan Mirzaev melalui tendangan bebas pada menit ke-7. Namun, sayangnya tendangan pemain bernomor punggung 7 itu masih membentur mistar gawang.

Saat laga memasuki menit ke-22, Uzbekistan membuka keunggulan melalui gol bunuh diri Mba Richard Chukwu yang gagal mengantisipasi crossing Karimov dari sisi kiri pertahanan.

Tidak membutuhkan waktu lama, sang striker Amirbek Saidov menggandakan keunggulan bagi timnya dua menit kemudian. Dengan kecerdikannya, striker 17 tahun itu terhindar dari jebakan offside yang dibuat pemain-pemain belakang Kanada untuk kemudian membuat kiper Kanada, Abraham memungut bola untuk kedua kalinya.

Setelah unggul dua gol, Uzbekistan tidak mengendorkan serangan. Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta dan keunggulan skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, tempo pertandingan berjalan lambat. Kanada yang tertinggal dua gol berusaha mencari celah untuk menembus pertahanan Uzbekistan. Sementara itu, Uzbekistan yang sedang memimpin pertandingan mengincar serangan balik. Hasilnya, armada Jamoliddin Rakhmatullaev mendapatkan peluang cukup berbahaya dimana tendangan Karimov masih melebar tipis.

Kanada tidak ingin ketinggalan dimana pada menit ke-66, melalui kaki pemain yang baru masuk di babak kedua Lucas Ozimec, tim asuhan Andrew Olivieri itu menciptakan peluang berbahaya yang sayangnya masih gagal merobek jala gawang Uzbekistan.

Di sisa 10 menit terakhir, di tengah Kanada yang sedang mengejar ketertinggalan, justru kebobolan untuk ketiga kalinya ketika Saidov mencetak gol keduanya pada menit ke-80.

Di sisa babak kedua, Uzbekistan menjaga keunggulan 3-0 untuk keluar sebagai pemenang laga. Atas kemenangan ini, Uzbekistan naik ke posisi ketiga klasemen sementara Grup B dengan 3 poin, hanya kalah selisih gol dari Mali yang ada di posisi kedua.

Kemenangan ini juga menghidupkan asa Uzbekistan untuk lolos ke babak ke 16 besar sebelum nantinya menjalani laga penentuan melawan Spanyol U-17 pada laga terakhir Grup B di Stadion Manahan, Solo, Kamis (16/11) pukul 16.00 WIB.

Di sisi lain, Kanada yang menelan dua kali kekalahan berada di posisi buncit dengan tanpa meraih poin. Pada hari dan jam yang sama, mereka akan memainkan partai terakhir Grup B melawan Mali di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Susunan pemain :

Uzbekistan U-17: Sobirov, Tulkunbekov, Abdullayev, Jumatov, Abdulboriev, Karimov, Reimov, Shodiboev, Mirzaev, Shukurullaev, Saidov
Pelatih: Jamoliddin Rakhmatullaev

Kanada U-17: Abraham, Rigopoulus Brown, Omeze, Stefanovic, Chukwu, Tahid, Londono Zapata, Badwal, De Montigny, Klukowski, Tavernier
Pelatih: Andrew Olivieri.

Klasemen sementara Grup B Piala Dunia U-17 2023:
 
No Negara Main Menang Seri Kalah Selisih gol Poin
1 Spanyol U-17 2 2 0 0 3 6
2 Mali U-17 2 1 0 1 2 3
3 Uzbekistan U-17 2 1 0 1 0 3
4 Kanada U-17 2 0 0 2 -5 0



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Uzbekistan buka kemenangan perdana setelah bungkam Kanada 3-0