Penumpang pejalan kaki terus padati Pelabuhan Bakauheni

id ASDP ,Bakauheni ,terus dipadati pemilir

Penumpang pejalan kaki terus padati Pelabuhan Bakauheni

Sejumlah penumpang pejalan kaki memadati dermaga eksekutif di Pelabuhan Bakauheni. ANTARA/Riadi Gunawan

Lampung Selatan (ANTARA) - Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, mulai dipadati ratusan pemudik pejalan kaki yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada H+1 Lebaran 2023.

Berdasarkan pantauan pada Senin sore menjelang Maghrib terlihat sejumlah penumpang pejalan kaki terus berdatangan memadati Dermaga Eksekutif dan Reguler di Pelabuhan Bakauheni.

Sejumlah pemilir tersebut terus berdatangan dan memadati Pelabuhan Bakauheni sejak siang hari hingga sore menjelang Maghrib.

Pemilir di Pelabuhan Bakauheni tersebut terpantau pada pukul 14.50 WIB sampai 18.00 WIB menunjukkan kondisi penumpang pejalan kaki yang berjalan menuju dermaga.

Tidak hanya penumpang pejalan kaki, sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua terus berdatangan dan memadati kantong parkir yang ada di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Ratusan kendaraan nampak terpantau memadati kantong parkir dermaga eksekutif dan reguler di Pelabuhan Bakauheni.

Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan petugas ASDP nampak terlihat sibuk mengatur arus lalulintas di dalam pelabuhan.


Kepala Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Bakauheni AKP Ridho Rafika mengatakan, kepadatan sejumlah kendaraan mulai terlihat sejak tadi pagi.

"Mulai terlihat kepadatan sejak tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB sampai sore ini masih padat," kata Ridho, di Bakauheni.

Ia pula mengatakan, pihaknya telah memaksimalkan sejumlah kantong parkir di area pelabuhan guna mengurai kemacetan di area pintu masuk pelabuhan dan tol.

"Ya kami telah memaksimalkan sejumlah kantong parkir yang ada di area pelabuhan agar tidak terjadi kemacetan di area tol dan luar pelabuhan," kata dia.

Sebelumnya General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko  mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," demikian Rudi Sunarko.