Lampung tebar ratusan ribu ekor ikan endemik di Dermaga Tulang Bawang

id pemprov lampung, tebar ikan, ikan endemik, tulangbawang

Lampung tebar ratusan ribu ekor ikan endemik di Dermaga Tulang Bawang

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung,  Kusnardi, bersama pejabat Pemprov Lampung dan Tulangbawang saat menebar ikan di perairan Tulangbawang (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung menebar ratusan ribu ikan endemik di Dermaga Pelabuhan Perikanan Pantai Teladas, Kabupaten Tulang Bawang, sebagai upaya meningkatkan populasinya.

"Populasi ikan endemik di perairan umum Lampung semakin berkurang. Oleh karena itu diperlukan upaya agar jenis-jenis ikan yang mendiami perairan itu tidak terjadi penurunan populasi," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi, di Tulangbawang, Selasa.

Ia menyebutkan penebaran ikan endemik khusus di perairan umum Sungai Tulang Bawang tahap lanjutan itu sebanyak 500 ribu ekor benih bandeng dan 100.000 ekor ikan kakap putih.

Kusnardi dalam kesempatan itu mengajak seluruh pihak untuk ikut serta dalam program restocking ini.

"Secara khusus saya apresiasi Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut Lampung yang telah ikut berpartisipasi memberikan benih ikan kakap putih untuk ditebar di muara sungai Tulang Bawang," katanya.

Di sisi lain, Kusnardi menjelaskan bahwa Pemerintahn Provinsi Lampung bersama Pemkab Mesuji sedang memfasilitasi pembangunan Balai Budidaya Air Tawar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di Mesuji.

"Kami berharap akan menjadi salah satu solusi pengembangan pembenihan ikan endemik yang ada di Provinsi Lampung," tambahnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Lampung, Liza Derni, mengatakan bahwa penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti belida, jelabat, dan baung.

"Kegiatan ini merupakan inisiasi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dengan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ambil bagian dalam rangka meningkatkan kelestarian sumber daya ikan di sungai Tulang Bawang," ujarnya.

Gubernur Lampung, lanjutnya, sejak tahun 2019 sampai 2021 sudah melakukan penebaran ikan di beberapa kabupaten/kota, di antaranya Kabupaten Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pringsewu, Mesuji, Tulang Bawang Barat, Tanggamus, dan Kota Metro.

Tujuannya adalah meningkatkan stok ikan khas daerah di perairan umum yang mulai punah dan meningkatkan produksi tangkapan ikan skala kecil untuk membantu kesejahteraan masyarakat nelayan sekitar.

Kegiatan restocking 1 juta ekor benih Ikan bantuan Gubernur Lampung di Tulang Bawang telah dilaksanakan pada 28 September 2022 di Sungai Tulang Bawang Jembatan Cakat Nyenyek dengan benih ikan yang ditebar sebanyak 500.000 ekor benih ikan belida, jelabat, dan baung.

Pada penebaran tahap kedua ini berlokasi di Dermaga Pelabuhan Perikanan Teladas sebanyak 500.000 ekor benih ikan bandeng dan 100.000 ekor benih kakap putih.