Kapal perang AS sandar di Bali

id USS Charleston, LCS 18, kapal tempur, Amerika Serikat, Bali, Pelabuhan Benoa

Kapal perang AS sandar di Bali

Kapal perang Amerika Serikat USS Charleston (LCS 18) yang sedang bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali di Denpasar, Kamis (29/9/2022). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

Denpasar (ANTARA) - Kapal perang milik Amerika Serikat USS Charleston (LCS 18) yang sebelumnya melakukan pelayaran ke Darwin,  Australia kini sedang bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali.

Kapten kapal perang USS Charleston Lt. Christian Dohmeyer, di Denpasar, Kamis, mengatakan bahwa Bali dipilih sebagai tempat menepi lantaran keindahannya, termasuk jaraknya yang tak jauh sebagai tempat persinggahan.

"Bali tempat yang indah dan cantik yang perjalanannya tidak jauh dari Australia dan nantinya tidak begitu jauh menuju Singapura," kata Dohmeyer kepada media.

Port calls atau singgah di Pelabuhan Benoa ini disebut sebagai bagian dari operasional rutin dari Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat di kawasan sekitar, sekaligus mencerminkan kepentingan bersama antarnegara.

"Kunjungan ini menegaskan kembali kerja sama yang terus berlanjut dengan Indonesia, dan dukungan kuat kami untuk kawasan sekitar," ujar pilot yang sebelumnya membawa USS Charleston berpartisipasi dalam Pelatihan Kakadu 2022 di Australia bagian utara.

Dohmeyer menuturkan bahwa kapal di bawah komando skuadron perusak atau Destroyer Squadron (DESRON) 7 ini ini sedang dalam penugasan bergilir di area operasi Armada Ke-7 Amerika Serikat (U.S. 7th Fleet).

"Fungsinya mendukung keamanan dan stabilitas di kawasan sekitar dan bekerja bersama dengan angkatan laut setempat yang menjadi mitra kami untuk memberikan keamanan dan stabilitas maritim, sebuah pilar utama untuk Kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata dia.

.