FOILA sepakat akselerasi penyelesaian proyek strategis nasional di Lampung

id Investasi Lampung, ekonomi Lampung, akselerasi PSN Lampung

FOILA sepakat akselerasi penyelesaian proyek strategis nasional di Lampung

Rapat tahunan Forum Investasi Lampung, di Bandarlampung, Jumat (17/6/2022). ANTARA/HO-Bank Indonesia

Peningkatan kinerja investasi menjadi hal penting yang harus dilakukan.
Bandarlampung (ANTARA) - Forum Investasi Lampung (FOILA) menyepakati adanya proses akselerasi dalam penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) di Provinsi Lampung.

"Peningkatan kinerja investasi menjadi hal penting yang harus dilakukan. Sebab investasi yang meningkat akan berdampak positif pada peningkatan proses produksi yang kemudian berimbas pada meningkatnya konsumsi rumah tangga," ujar Pembina FOILA Budiyono, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan, hal tersebut akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Lampung menjadi lebih tinggi dan berkelanjutan sesuai target rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

"Pembangunan infrastruktur yang mendukung konektivitas seperti Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dapat menjadi momentum bagi Lampung untuk dapat mendorong peningkatan investasi di sektor potensial. Lalu akselerasi proses penyelesaian PSN yang ada di Lampung seperti Kawasan Terintegrasi Bakauheni dan Kawasan Industri Tanggamus juga berpengaruh," katanya pula.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan.

"Pengembangan sejumlah kawasan industri di Lampung ini penting adanya, sebab efeknya bagi capaian pendapatan asli daerah (PAD) dan pertumbuhan ekonomi daerah sangat besar," kata Mulyadi Irsan.

Dia melanjutkan, saat ini ada empat proyek yang masuk menjadi PSN, salah satunya adalah Kawasan Terintegrasi Bakauheni yang telah dimulai pengerjaannya. Lalu Kawasan Industri Tanggamus yang hingga kini masih didorong realisasinya.

"Terkait model kawasan perindustrian ini masih perlu disusun dengan baik, namun potensi besar dan efek sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah ada di sini," ujarnya lagi.
Baca juga: PLN investasi Rp580 juta untuk kembangkan sentra ikan asin Pulau Pasaran
Baca juga: Lampung harapkan proyek strategis nasional pacu pertumbuhan ekonomi