Prof Emil Salim sebut sulitnya pelestarian lingkungan hidup akibat manusia rakus

id Emil Salim ,pelestarian lingkungan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Prof Emil Salim sebut sulitnya pelestarian lingkungan hidup akibat manusia rakus

Prof. Emil Salim (kiri). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Prof. Emil Salim mengatakan sulitnya upaya pelestarian lingkungan hidup disebabkan masih banyaknya manusia yang mengutamakan mencari keuntungan pribadi dibandingkan menjaga kelestarian alam.

"Uang itu adalah kebalikan dari apa yang diminta di lingkungan. Kalau lingkungan minta melestarikan hutan, tidak ada uang dari melestarikan hutan, tetapi kalau kemudian hutan dibuka, apakah itu perkebunan atau ekspor kayu atau kah untuk apa, uang itu. Dolar, devisa, kekuasaan, power," kata Emil dalam acara bertajuk "Relevansi HAM dan 50 Tahun Hari Lingkungan Hidup Sedunia", yang diikuti di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan upaya menjaga lingkungan tidak bisa dilakukan hanya melalui ceramah atau seminar namun perlu upaya lebih menyadarkan manusia agar menegakkan moral dan menghargai hak asasi manusia.

"It's a matter of menegakkan moral, menghargai human rights, menghargai lingkungan versus kepentingan pribadi, material interest, power, kepentingan pribadi," katanya.

Emil mengatakan tidak semua manusia memiliki sikap idealis, sebagian lainnya lebih mengutamakan kepentingan pribadi, kelompok, partai atau kepentingan lainnya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Emil Salim: Sulitnya pelestarian lingkungan hidup akibat manusia rakus