Dewan Pers, ANTARA dan AJI gelar Pra Uji Kompetensi Wartawan

id lampung, ukw, pra ukw, dewan pers, antara, lpja, aji indonesa, aji, jurnalistik, wartawan lampung

Dewan Pers, ANTARA dan AJI gelar Pra Uji Kompetensi Wartawan

Bandarlampung (ANTARA) - Dewan Pers bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Jurnalistik (LPJA) ANTARA dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang dilaksanakan melalui zoom meating, Selasa, (31/5)

Pelaksanaan Pra UKW ini diikuti oleh 54 jurnalis dari berbagai media yang ada di Provinsi Lampung dan luar Lampung.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dewan Pers di Provinsi Lampung ini dibuka oleh  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azzra, dan diisi oleh pemateri seperti Arif Zulkifli Anggota Dewan Pers, Maria Dian Andriana  dari lembaga uji ANTARA dan terakhir Jajang Jamaludin dari lembaga uji AJI.

Pemateri pertama Arif Zulkifli,  memberikan materi tentang kode etik jurnalistik dan hukum pers.

Pemateri kedua yaitu Maria Dian Andriana dari lembaga uji ANTARA, memberikan materi tentang standar kopetensi wartawan dan bahasa jurnalistik.

Dan pemateri ketiga yaitu Jajang Jamaludin dari lembaga uji AJI, memberikan materi tentang teknik wawancara dan penulisan berita seperti (straight news, feature dan tajuk)

Setiap masing-masing pemateri, semua perserta wajib mengikuti post tes dengan dengan waktu 10 menit yang diberikan oleh panitia penyelenggara.

Salah satu perserta Pra UKW Yogi Muzzakka dari media Sumselnews.com mengatakan , kegiatan ini sangat bagus dan baik, karena dapat meningkatkan kompetensi dari wartawan di Provinsi Lampung.

“Sangat bagus sekali dan positif, karena bisa meningkatkan dari jurnalis,” katanya

Cut Habibi dari media Haluan Lampung mengatakan, kegiatan Pra UKW ini dapat menambah pengetahuan, dan ilmu sebelum melaksanakan UKW.

“Penambahan ilmu dan pengetahuan sebelum UKW. Dengan ini bisa mendapatkan kisi-kisi sebelum pelaksanaan UKW,” jelasnya