Pemprov Lampung: Media harus bawa semangat optimisme

id UKW LAMPUNG, digitalisasi infomasi, media lampung

Pemprov Lampung: Media harus bawa semangat optimisme

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Ganjar Jationo, saat memberi sambutan pada pelaksanaan UKW di Lampung. Bandarlampung, Rabu (8/7/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyebutkan bahwa media yang ada di daerahnya harus membawa semangat optimisme mendorong pembangunan daerah.

"Di tengah era digital yang semakin berkembang, semua berubah begitu pun dengan penyampaian informasi oleh media kepada masyarakat," ujar Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Ganjar Jationo, saat menghadiri uji kompetensi wartawan (UKW) yang diselenggarakan LKBN ANTARA, AJI dan Dewan Pers, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan, konten menjadi hal penting pula dalam setiap produk yang disiarkan secara digital oleh media.

"Konten yang berisi kumpulan fakta yang tentunya telah terverifikasi ini jadi hal penting, namun harus berisi dengan pesan optimisme," katanya.

Dia menjelaskan, dengan adanya semangat optimisme dalam setiap konten media akan menghasilkan gerak perkembangan pembangunan yang positif.

"Selain mengembangkan optimisme dan kolaborasi dengan semua pihak, perlu pula menjaga kredibilitas dan kompetensi bagi setiap jurnalis yang menghasilkan konten berita," ucapnya.

Menurutnya, dengan jurnalis yang kredibel dan kompeten dalam menjalankan profesi dapat mendukung penyebarluasan informasi dan juga masukan bagi perbaikan pembangunan daerah.

Diketahui telah dilakukan uji kompetensi wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Dewan Pers, LKBN ANTARA, dan AJI yang diikuti oleh 54 orang jurnalis di Lampung.

Baca juga: Polda Lampung minta awak media berikan pemahaman benar kepada masyarakat