Jelang Lebaran, Ikan gabus giling bahan pempek di Palembang harganya melambung

id ikan gabus, harga ikan giling di Palembang melambung, bahan baku pempek harganya melambung, harga naik, ikan gabus gilin

Jelang Lebaran, Ikan gabus giling bahan pempek di Palembang harganya melambung

Ikan gabus bahan baku pempek (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Harga ikan gabus giling bahan baku utama pempek di Palembang, Sumatera Selatan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah melambung dari Rp50.000 hingga Rp60.000 per kilogram  menjadi Rp80.000  hingga Rp95.000 per kilogram dalam beberapa hari terakhir.

kini di Pasar Tradisional Sekip Palembang, Senin, menjadi Rp95.000/kg dan menjelang tiga hari (H-3) lebaran diperkirakan harganya lebih tinggi lagi mencapai di atas Rp100.000/kg.

Pemilik usaha Pempek Sodop di Jalan Bidar Kampus POM IX Palembang, Fakhlani, Senin,  memperkirakan harga ikan gabus giling bisa naik lagi seiring  lonjakan permintaan pempek untuk hidangan pada Hari Raya Idul Fitri.  

Menurut dia, harga ikan gabus melambung karena warga kota ini banyak membutuhkan bahan baku utama pembuatan pempek. Kondisi tersebut cukup menyulitkan produsen karena selain harus mengeluarkan biaya produksi yang lebih besar,  juga membuat dirinya harus berkeliling ke sejumlah pasar untuk mendapatkan ikan gabus dalam jumlah banyak.

Sementara itu, pedagang ikan di pasar tradisional Sekip Ujung, Suwandi, menjelaskan harga ikan gabus sekarang ini melonjak hingga Rp95.000 per kilogram.

Melonjaknya harga ikan gabus sekarang ini dipengaruhi permintaan cukup tinggi sementara pasokan tetap. "Pasokan ikan dari sejumlah daerah sekitar Palembang ke pasar ini tidak bisa mengimbangi tingginya permintaan, kondisi tersebut mendorong harga bahan baku pempek itu melambung," ujarnya.