Disnakbun Lampung Tengah pastikan stok daging sapi aman

id Dagingsapi,daging lampung

Disnakbun Lampung Tengah pastikan stok daging sapi aman

Kepala Disnakbun Lampung Tengah, Taruna Bifi K saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa (6/4). (Antaralampung.com/Hendra Kurniawan)

Kebutuhan daging di Lampung Tengah aman

Lampung Tengah (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Lampung Tengah memastikan ketersediaan daging sapi di kabupaten ini aman hingga hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah nanti.

"Untuk kebutuhan daging di Lampung Tengah aman. Sampai Idul Fitri tahun ini kita tidak akan kekurangan daging. Stok kita juga bisa menyumbang ke Provinsi Lampung, bahkan nasional," kata Kepala Disnakbun Lampung Tengah Taruna Bifi Koprawi, Selasa.

Dia menyatakan pula, sampai saat ini jumlah sapi di Lampung Tengah sebanyak 21.091 ekor. Jumlah tersebut jika dijadikan daging yaitu sebanyak 2.953 ton.

"Kabupaten Lampung Tengah ini kan memang lumbung sapi setelah Jawa Timur. Makanya kita harus menjaga agar stok sapi kita aman," katanya lagi.

Karena itu, lanjut dia, untuk menjaga populasi sapi di Lampung Tengah, Disnakbun setempat melakukan kawin suntik massal ke ternak sapi di kabupaten tersebut.

Kemudian, pemerintah juga melarang masyarakat menyembelih sapi yang masih produktif. Sebab, sapi tersebut masih bisa menghasilkan anakan.

"Kami juga rutin melakukan pengendalian penyakit sapi ditingkat petani," katanya lagi. 

Selain daging, lanjut dia, stok ayam ras pedaging juga cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Lampung Tengah. Sampai saat ini jumlah ayam tersebut yaitu 212.580 ekor.

"Itu dagingnya sekitar 189 ton. Kemudian stok telur 900.00 kg atau 900 ton, kalau susu sampai saat ini 30.000 liter," kata dia pula.
Baca juga: Disnakkeswan Lampung imbau feedlotter tidak naikkan harga jual jelang Ramadhan
Baca juga: Pemprov Lampung jamin ketersediaan daging jelang Ramadhan

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar