Marquez incar kemenangan pertama musim ini pada balapan virtual MotoGP

id marc marquez,motogp,olahraga terdampak corona

Marquez incar kemenangan pertama musim ini pada balapan virtual MotoGP

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez di Grand Prix Malaysia, Sirkuit Internasional Sepang (ANTARA/HO-hondaracingcorporation.com)

Jakarta (ANTARA) - Marc Marquez akan mengincar kemenangan pertamanya musim ini ketika sang juara dunia MotoGP enam kali itu ikut serta di ajang balapan virtual yang digelar MotoGP pada Minggu nanti.

Pebalap tim Repsol Honda itu belum mendapatkan kesempatan untuk mengulangi dominasinya pada tahun ini ketika seri pembuka di Qatar dibatalkan disusul penundaan empat grand prix setelahnya karena wabah virus corona.

"Kita semua sedang berada di saat-saat sulit sekarang ini jadi akan bagus untuk bisa sedikit bersenang-senang dan mempersembahkan sejumlah aksi kepada para fan," kata Marquez seperti dikutip Reuters, Jumat.

Marquez dan Alex sang adik, bersama sejumlah pebalap MotoGP lainnya seperti Maverick Vinales dan Fabio Quartararo akan ambil bagian di balapan virtual yang bertajuk "StayAtHomeGP".

Dari rumah masing-masing, para pebalap akan bertemu di versi virtual dari Sirkuit Mugello, Italia, untuk menjalani balapan sebanyak enam putaran lewat video game MotoGP yang dimainkan secara online.

Posisi grid akan ditentukan dengan babak kualifikasi selama lima menit.

Balapan virtual itu akan digelar pada Minggu (29/3) mulai pukul 22.00 WIB dan disiarkan melalui sejumlah kanal resmi MotoGP di media sosial seperti YouTube, Twitter, Instagram dan Facebook.

"Saya tetap di rumah, terus latihan sebanyak mungkin selama mencoba untuk menjaga diri," kata Marquez.

"Alex dan saya bermain game MotoGP bersama tapi sekarang kami harus sedikit lebih serius. Tak peduli balapan apa, sebagai pebalap kami ingin menang."

"Dengan balapan sebanyak enam putaran saya kira kami bisa tampil langsung agresif dan menekan sepanjang lomba. Aku sangat menantikan balapan ini."

Sementara itu Alex, juara dunia Moto2, harus menunggu untuk menjalani debutnya di kelas premier yang kemungkinan akan digelar mulai Mei nanti jika kondisi memungkinkan.

"Kami memiliki tanggung jawab untuk mengimbau masyarakat tetap di rumah dan mengikuti anjuran, jika mereka tak bisa datang ke balapan maka kami akan membawa balapan ke mereka," kata Alex di tengah kekhawatiran akan negaranya, Spanyol, yang memiliki jumlah kasus COVID-19 terbanyak kedua di Eropa setelah Italia.

Selain menggelar balapan virtual, MotoGP akan menayangkan juga sesi wawancara dan video dokumenter para juara dunia seperti Marc Marquez, Jorge Lorenzo hingga Casey Stoner lewat kanal VideoPass di laman resmi motogp.com secara gratis.

"Biasanya saya cukup kompetitif di game MotoGP ketika saya bermain bersama teman-teman... tapi sulit mengetahui level dari para pebalap lainnya," kata Alex.