Sidang Umum OANA, Korsel serukan perangi "hoax"

id Sidang umum oana, hoax, fake news, oana

Sidang Umum OANA, Korsel serukan perangi "hoax"

Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korsel Park Yang-woo menyampaikan pidato Pembukaan Sidang Umum ke-17 Organisasi Kantor Berita Asia Pasifik (OANA) di Seoul, Kamis (7/11/2019). (Budi Setiawanto)

Seoul (ANTARA) - Pembukaan Sidang Umum ke-17 Organisasi Kantor Berita Asia Pasifik (OANA) di Seoul, Kamis, mengedepankan pernyataan pemerintah Korea Selatan yang menyerukan OANA bersama-sama memerangi kabar bohong (hoax) dan berita palsu (fake news).

"Kita menghadapi masalah ini. Saya berharap OANA berkontribusi nyata," kata Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korsel Park Yang-woo saat membuka Sidang Umum ke-17 OANA yang beranggotakan 43 kantor berita dari 35 negara itu.

Pada acara yang juga dihadiri Direktur Pemberitaan Kantor Berita ANTARA Akhmad Munir itu, Park menyatakan bahwa kabar bohong dan berita palsu yang menyebar di seluruh dunia menjadi tantangan bagi industri pers dan media massa di tengah merebaknya berbagai platform media, termasuk penggunaan media sosial yang masif.

Park menegaskan OANA memiliki tanggung jawab untuk bersama-sama menghadapi perubahan tatanan seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan kecerdasan buatan.

Begitu pula yang disampaikan oleh CEO Kantor Berita Yonhap Cho Sung-boo yang disampaikan dalam pidato pengantarnya sebagai penyelenggara Sidang Umum ke-17 OANA.

Pemimpin Yonhap yang akan dikukuhkan sebagai Presiden OANA pada Sidang Umum ke-17 itu menegaskan komitmennya untuk membawa OANA dalam kerja sama yang kuat dalam menyebarkan berbagai informasi yang benar dan terverifikasi.

Oleh karena itu, katanya, tema Sidang Umum ke-17 OANA "New Challenges for Journalism: Technological Innovations and Issues of Trust" (Tantangan Baru Jurnalisme: Inovasi Teknologi dan Isu Kebenaran) menjadi amat relevan dengan perubahan dunia yang sedang terjadi.

Pada acara itu juga berlangsung pameran foto untuk kategori berita (news); budaya dan kehidupan (culture and life); dan lansekap (landscape), produksi kantor-kantor berita anggota OANA.

Pada pameran foto itu terpajang empat foto produksi ANTARA yang menggambarkan kerusakan akibat gempa di Palu, letusan Gunung Anak Krakatau, dan latihan perang (kategori berita), serta panjat pinang (kategori budaya dan kehidupan).

Sidang Umum ke-17 OANA berlangsung sejak 6-9 November 2019.

Presiden Korsel Moon Jae-in dijadwalkan pada Kamis sore waktu setempat menerima seluruh kepala delegasi kantor berita anggota OANA di kantor kepresidenan.

Baca juga: Presiden Korsel terima Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar