Itera salurkan donasi kemanusiaan Palestina melalui Dompet Dhuafa Lampung

id Itera, Pelestina, Dompet Dhuafa Lampung

Itera salurkan donasi kemanusiaan Palestina melalui Dompet Dhuafa Lampung

Itera salurkan donasi kemanusiaan Palestina melalui Dompet Dhuafa Lampung. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Mudah-mudahan bantuan yang kita berikan sekecil apa pun dapat bermanfaat untuk warga Palestina.
Lampung Selatan (ANTARA) - Terhitung telah lebih dari 200 hari, sejak 7 Oktober 2023, genosida terjadi di Palestina. Ribuan nyawa tak bersalah alami luka-luka hingga meninggal dunia dan jutaan lainnya terpaksa mengungsi dari rumah tempat tinggalnya. 

Kepedulian terhadap Palestina terus berdatangan. Termasuk di antaranya dari institusi pendidikan di Lampung yakni Institut Teknologi Sumatera (Itera). 

Selasa, 7 Mei 2024, perwakilan Itera secara simbolis menyampaikan donasi bantuan kemanusiaan untuk Palestina kepada Dompet Dhuafa Lampung. Dana sejumlah 10 juta rupiah tersebut dikumpulkan dari sivitas akademika Itera. 

Penyerahan simbolis donasi Palestina ini berlangsung bersamaan dengan aksi dukungan perjuangan kemerdekaan dari seluruh sivitas akademika Itera. Agenda ini dipimpin oleh Rektor Itera I Nyoman Pugeg Aryantha yang berlangsung di pelataran Gedung A Kampus Itera, di Lampung Selatan. 

Rektor Itera I Nyoman Pugeg Aryantha menyampaikan bahwa pernyataan sikap tersebut menjadi bentuk solidaritas kemanusiaan, atas kejahatan kemanusiaan yang dialami saudara-saudara di Palestina. 

"Seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 bahwa setiap negara bebas dari penjajahan. Sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," ujarnya lagi. 

Nyoman menyampaikan bahwa upaya dukungan Palestina secara pribadi oleh sivitas akademika Itera telah dilakukan sejak lama. Bentuk realisasi kepedulian ini diwujudkan dalam aksi hari ini dan penggalangan dana kemanusiaan yang telah berlangsung. 

"Mudah-mudahan bantuan yang kita berikan sekecil apa pun dapat bermanfaat untuk warga Palestina. Penyerahan donasi kemanusiaan hari ini kami salurkan melalui lembaga yang terpercaya, Dompet Dhuafa untuk membantu menyampaikan amanah kami untuk saudara-saudara di Palestina," katanya pula. 

Nyoman berharap apa yang dilakukan oleh Itera, dapat menjadi inspirasi kampus-kampus lain untuk menyerukan perdamaian Palestina. Ia juga berharap semoga sivitas akademika itera terus diberikan kemudahan dan keleluasaan untuk berkontribusi secara finansial. 

Yogi Achmad Fajar, Pimpinan Dompet Dhuafa Lampung mengapresiasi atas kepedulian Itera yang turut berkontribusi bersama dalam membantu warga Palestina. 

"Kami Dompet Dhuafa Lampung terus berkomitmen membantu Palestina menghadapi dampak dari serangan Israel, termasuk bencana kelaparan yang saat ini terjadi," ujarnya. 

Hingga kini, Dompet Dhuafa telah berhasil menyalurkan donasi dalam berbagai bentuk. Terbaru, di bulan Ramadhan lalu, Dompet Dhuafa menyalurkan bantuan berupa paket berbuka puasa dan parsel Ramadhan Palestina. (Berita Kerja Sama)
Baca juga: Dompet Dhuafa berikan bantuan bagi penyintas erupsi Gunung Ruang
Baca juga: Dompet Dhuafa distribusikan makanan bagi penyintas Gunung Ruang